QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

: Rabu, Oktober 12, 2016

title=


Selain secara offline dengan software grafis seperti CorelDraw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand dan seterusnya, anda juga bisa membuat gambar favicon blog secara online. Ada banyak situs Favicon generator yang menyediakan layanan ini secara gratis. Pada contoh ini, saya akan bagikann salah satu tutorialnya, yaitu dengan menggunakan layanan gratis pada situs favicon.cc.


Bagaimana caranya?

Pertama silahkan anda kunjungi dulu situs resminya yang beralamat di www.favicon.cc. Halaman depannya akan tampak seperti ini, setidaknya saat saya menulis postingan ini.


Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Untuk memulai membuatnya kliklah pada menu Create New Favicon.



Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Akan tampak disebelah kiri area kerja tempat anda menggambar. Kemudian di sebelah kanannya palet warna dan beberapa tool lain yang anda butuhkan. Sebelum mulai tentukan warna yang anda inginkan dengan cara mengklik pada area warna seperti gambar diatas (lihat no.1). Posisi mana pun yang anda klik, akan muncul warna tersebut pada kotak dibawahnya (lihat no.2). Jika sudah, anda sudah bisa langsung menggambar logo atau favicon yang anda inginkan. Caranya?


Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Anda tinggal klik pada kotak-kotak kecil yang tersedia hingga kumpulan klik anda membentuk huruf atau bidang sederhana yang anda inginkan. Contohnya seperti gambar dibawah ini.



Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Jika ingin lebih dari satu warna, juga bisa. Anda harus ganti dulu pencil anda dengan warna lain. Caranya sama dengan langkah diatas, tinggal klik warna lain yang anda inginkan, kemudian kembali melanjutkannya pada area kerja. Contohnya seperti gambar diatas, saya menambahkan 4 kotak dengan warna hitam. Bagian yang tidak anda klik, secara default tidak akan berwarna alias transparant. Jika anda ingin bagian tersebut juga berwarna, tinggal anda lakukan cara yang sama. Silahkan sesuaikan sendiri dengan desain logo favicon anda.

Lalu jika anda salah klik, bagaimana cara mengeditnya? Misalnya ada area yang sudah terlanjur anda klik dengan warna tertentu, sedang mestinya sesuai rancangan anda semula, mestinya warna tersebut tidak ada. Maka caranya seperti ini:



Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Centanglah kotak pada menu transparant seperti gambar diatas. Kemudian klik pada kotak yang sudah terlanjur anda beri warna. Contohnya seperti dibawah ini:



Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Pada gambar diatas tampak saya menghapus satu kotak yang sudah terlanjur berwarna hitam. begitulah seterusnya. Atau warna yang keliru tersebut jika langsung anda timpa dengan warna lain, juga bisa. Caranya juga sama, tinggal klik dulu warna lain yang anda inginkan kemudian baru klik pada kotak yang warnanya menurut anda keliru.

Jika sudah yakin gambarnya sesuai yang anda harapkan, maka lihat ke bawah. Akan tampak kotak menu seperti dibawah ini.


Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Pada no.1, langsung tampak contoh tampilan favicon yang baru saja anda buat. Seperti itulah nanti akan terlihat pada kotak adress Browser. Selanjutnya jika anda ingin mendapatkan file gambar tersebut, anda tinggal klik menu Download Favicon (lihat no.2)



Cara Membuat Gambar Favicon Blog secara Online

Pada jendela download diatas, tampak gambar favicon anda tadi akan tersimpan dalam bentuk file dengan nama favicon dan ekstensi filenya ico (lihat no.1). Jika anda ingin nama filenya sesuai dengan nama blog anda, nanti juga bisa anda ganti setelah filenya tersimpan pada komputer atau laptop anda. Kemudian jangan lupa pastikan posisi penyimpannya berada pada pilihan Save File (lihat no.2). Terakhir silahkan klik tombol OK untuk mendownloadnya (lihat no.3). Selanjutnya anda tinggal tunggu proses download sampai selesai. Tapi karena file ini sangat ringan, proses downloadnya hanya sebentar. Kecuali jika koneksi internet anda sangat lelet.

Lalu apalagi selanjutnya?

Anda tinggal pasang gambar favicon tersebut pada blog anda. Caranya? Anda tinggal klik tulisan ini: Cara Memasang Favicon pada Blog

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas