Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Web Marketer

: Kamis, Oktober 06, 2016

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Web Marketer

Tanpa penguasaan teknis, seorang Web Marketer sama dengan masturbasi. Semua tindakannya, menjadi mubazir alias tidak akan mendatangkan hasil. Karena itu diperlukan keahlian teknis agar sepak terjangnya bisa diharapkan.


Keahlian apa yang dibutuhkan?

Tentu kehalian yang berhubungan dengan pemasaran, baik pemasaran secara online maupun secara offline.

Secara Online

Untuk bisa mempromosikan sebuah website secara online, seorang Web Marketer, harus menguasai beberapa kemampuan seperti:

1. HTML

Ini adalah ibunya bahasa pemrograman web. Hukumnya wajib. Karena seorang Web Marketer, akan selalu berurusan dengan bahasa kode yang satu ini, baik dalam melakukan optimasi dalam tubuh sebuah website secara internal (SEO on Page), maupun saat mempromosikannya keluar, atau yang dikenal dengan istilah SEO off Page (baca: Kupas Tuntas Apa itu SEO). Baik untuk penulisan link, maupun untuk penulisan meta tag.


2. PHP dan JavaScript

Ini bersifat pendukung. Tidak wajib. Tapi jika dikuasai, minimal secara umum, maka akan memudahkan tugas seorang Web Marketer dalam mempromosikan sebuah website ke banyak situs lain di internet. Karena sistem pendaftaran atau submit ke situs-situs mesin pencari, dirktori, boomarking dan statistik, tidak selalu sama. Dan tidak selalu menggunakan bahasa pemrograman yang sama.


3. SEO dan Algoritma Sistem Indeks

Meski SEO bukan satu-satunya trik promosi website, tapi SEO adalah jurus paling utama. Karena selain gratis, efektivitasnya sangat tinggi. Sekali sebuah website berhasil dioptimasi terhadap mesin pencari, maka peluang untuk meraih limpahan pengunjung dalam jangka waktu panjang, sangat tinggi. Berbeda dengan sistem pasang iklan dimana traffic melimpah hanya akan ada selagi dalam masa kontrak iklan dipajang. Setelah itu, aliran pengunjung, otomatis akan langsung terputus. Tapi dengan SEO, bersifat passive traffic. Peluang pengunjung datang, tetap ada walaupun tidak malakukan apa-apa lagi terhadap website. Dan itu, gratis.

Tapi untuk berhasil mendapatkannya, harus dengan ilmu. Ada trik-trik tertentu yang harus dilakukan. Harus menguasai sistem algoritmanya, agar trik optimasi website menjadi tepat sasaran. Seorang Web Marketer, harus mengerti tentang Algoritma sistem indeks sebuah situs mesin pencari. Termasuk situs direktori dan bookmarking. Harus memahami logika sistemnya. Artinya, apa yang menjadi indikator agar citra sebuah website, menjadi tinggi dimata robot mesin pencari, sehingga peluang halaman web tersebut sering muncul di halaman pencarian, menjadi tinggi. Paling tidak, mengetahui rumus-rumus dasar dari algoritma mesin pencari. Jika tidak, tentu apa yang mereka lakukan, menjadi sia-sia karena apa yang dilakukan, tidak sejalan dengan sistem perangkingan yang dilakukan oleh algoritma mesin pencari.


4. Algoritma Sistem Spam

Ini juga wajib hukumnya. Karena spam, adalah musuh utama yang selalu diburu oleh polisi internet, atau sistem security dalam dunia web. Artinya kemana pun kita pergi di internet, aksi spam, selalu dikutuk dan diberantas oleh setiap situs. Apalagi jika itu situs mesin pencari, situs direktori dan situs bookmarking, yang merupakan corong untuk promosi sebuah website. Karena itu seorang Web Marketer, harus tahu, kapan sebuah website dinilai melakukan spamming. Apa indikatornya dan sampai stadium berapa akan dikenai oleh sanksinya. Jika tidak, maka sebuah website, bisa rusak reputasinya, dan puncaknya, dibanned oleh situs mesin pencari, situs direktor dan situs bookmarking, paling tidak, peringkatnya menjadi turun di halaman pencarian. Efeknya, reputasi dann popularitas sebuah website, akan menjadi anjlok. Efek berantainya, halaman web tersebut, akan sepi dari kunjungan.

6. Bersambung ...
Sambil menunggu sambungan tulisan ini anda bisa lanjutkan dulu membaca Tugas Seorang Web Marketer

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas