QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Web Animator

: Sabtu, Oktober 08, 2016

Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Web Animator

Inilah beberapa keahlian yang diperlukan jika anda ingin menjadi seorang Web Animator dalam mendandani sebuah halaman web:



1. Menguasai Prinsip-prinsip Desain

Kenapa? Karena animasi itu adalah sebuah desain. Desain teks dan gambar bergerak. Agar karya animasi web yang dibuat benar benar mendukung untuk keindahan perwajahan sebuah halaman web, maka harus mengerti tentang beberapa prinsip desain. Misalnya warna dominan dari sebuah halaman web adalah biru, lalu aksentuasinya berada pada logo title yang berwarna otange, maka untuk banner headernya warna apa yang paling mengena? Begitu juga dengan perbandingan ukurannnya berapa yang paling bagus? Termasuk saat membuat gambar animasi sebagai illustrasi di halaman post. Bagaimana agar kehadiran banner animasi tersebut, serasi dengan pola, ukuran dan warna font artikel. Termasuk kesesuaian antara gambar yang dibuat dengan topik yang diulas pada sebuah tulisan. Begitulah seterusnya. Semua, ada ilmu dan triknya (baca: Kupas Tuntas Prinsip-prinsip Desain dan Seni Rupa)


2. Menguasai Aplikasi Flash

Bagaimana pun jagonya sesorang berteori tentang prinsip-prinsip seni dan desain, terutama dalam hal ini berkaitan dengan karya web animasi, tapi jika tidak tahu cara membuatnya, juga percuma. Karena Web Animasi, adalah karya nyata. Bukan hanya untuk omong-omong. Karena itulah jika ingin menjadi seorang Web Animator, harus menguasai aplikasi Flash. Dengan aplikasi itulah gambar animasi bisa dibuat. Baik dalam bentuk teks, bidang dan gambar yang bergerak. Aplikasi Flash, jumlahnya cukup banyak, misalnya ada Mcromedia Flash, ‎Adobe Animate, Adobe Flash Profesional, Adobe - LiveMotion, SWiSH Max, Gif Animator, Swift 3D dan seterusnya. Tidak harus dikuasai semuanya, tapi harus ada satu atau beberapa yang betul-betul dikuasai dengan tangkas, sehingga animasi seperti apapun bentuk dan gaya animasi yang dinginkan, bisa dibuat.


3. Menguasai Script Animasi

Selain dengan menggunakan aplikasi khusus, kini efek animasi web juga bisa dibuat dengan menggunakan script atau bahasa pemgrograman tertentu, misalnya dengan JavaScript, HTML, CSS dan Jquery. Karena itu kemampuan ini juga harus dimiliki oleh seorang Web Animator, sehingga tanpa software animasi, dia tetap bisa mendandani sebuah halaman web dengan animasi-animasi yang mendukung.


4. Menguasai Seputar File

Bagaimana pun bagusnya sebuah web animasi, tapi jika perbandingan ukurannya tidak proporsional, beban loading halaman web menjadi lelet, maka animasi tersebut menjadi bumerang. Karena itu seorang Web Animator, harus menguasai hal-hal yang terkait dengan file-file animasi. Apa ekstensi file yang support terhadap semua Browser, bagaimana cara mengkompres beban sebuah file animasi agar menjadi ringan dan seterusnya, sehingga tidak membebani loading halaman web.

Itulah beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki jika ingin menjadi seorang Web Animator. Semua itu, sangat berguna saat menjalankan Tugas sebagai seorang Web Animator dalam projet pembuatan sebuah halaman web.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas