QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Kemampuan yang Dibutuhkan Menjadi Web Programmer

: Minggu, September 25, 2016

Kemampuan yang Dibutuhkan Menjadi Web Programmer


Setelah memahami siapa itu Web Programmer, maka pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Web Programmer? Sesuai julukannya, jawabannya tentu menguasai program-program yang berhubungan dengan pembuatan halaman web. Diantaranya adalah:


Pertama Menguasai HTML

Kenapa HTML termasuk? Karena boleh dikatakan bahwa ibu dari bahasa pemrograman halaman web adalah HTML. Siapapun yang terlibat dengan perancangan dan pembuatan web, tidak bisa lepas dari HTML. Karena sebuah website, hingga saat ini hanya bisa dibuka lewat browser. Sedangkan agar sebuah halaman web bisa dibuka pada browser, documentnya mesti dikemas dengan HTML.


Kedua menguasai CSS

Meskipun seorang Web Programmer tugasnya adalah membuat program sebuah halaman web, tapi dalam prakteknya, banyak sedikitnya tetap bersinggungan dengan tampilan perwajahan sebuah website secara global. Karena untuk membuat sebuah elemen, fitur, widget dan plugin tertentu pada sebuah halaman web, tidak mungkin tanpa sekaligus menentukan tampilan standarnya. Minimal soal posisi dan ukuran. Dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk itu adalah CSS.


Ketiga menguasai PHP

PHP disini bukan Pengumbar Harapan Palsu. Tapi adalah Personal Home Page yang kemudian berkembang menjadi Hypertext Preprocessor. Sebuah bahasa pemrograman web yang berfungsi untuk merancang halaman yang dinamis dan interaktif. PHP bisa melayani berbagai bentuk form seperti fitur daftar, login, komentar, survey, hasil penghitungan, statistik dan sejenisnya. Singkatnya fitur-fitur yang ada interaksi antara klien dengan server, antara pengunjung dengan pengelola sebuah web. Boleh dikatakan, ini termasuk program wajib yang harus dikuasai oleh seorang Web Programmer.


Keempat menguasai MySQL

Program yang satu ini berkaitan langsung dengan PHP. Jika salah satu digunakan, maka serentak yang satu lagi juga harus digunakan. Karena MySQL adalah program database untuk mengolah input dan output data, sedang PHP untuk menampilkan entri data yang dilakukann oleh pengguna atau user sebuah halaman web. Jadi keduanya, berkeja secara berpasangan. Boleh dikatakan, ini 2 program 2 sejoli di tubuh sebuah web. Yang satu untuk menampilkan, menampung data masuk, sedang yang kedua mengolah dan melaporkan hasilnya.


Kelima menguasai JavaScript

Fungsinya hampir sama dengan PHP, yaitu untuk membuat fitur-fitur interaktif pada sebuah halaman web. Bedanya, JavaScript juga bisa digunakan untuk mendandani halaman web agar terlihat lebih menarik. Karena selain bisa melayani aksi reaksi antara client dengan server, antara pengunjung dengan admin, JavaScript juga bisa digunakan untuk menampilkan animasi, misalnya membuat link-link tombol menjadi atraktif, membuat gambar dan teks melayang dan sejenisnya. Boleh dikatakan, JavaScript adalah PHP Plus. Ada nilai tambah dari sisi artistiknya selain sisi fungsi.


Keenam menguasai program web pendukung

Sebagai dasar, kelima bahasa pemrograman diatas sudah cukup untuk mengantarkan seseorang menjadi seorang Web Programmer. Tapi jika ingin lebih hebat lagi, agar selalu update sejalan dengan perkembangan teknologi web, maka bisa ditambah dengan beberapa program pendukung. Misalnya menguasai pembuatan library, plugin, framework dan CMS sebagai pengembangan dari bahasa pemrograman PHP. Atau menguasai Bootstrap, Zurb Fondation, Less dan Sass sebagai pengembangan dari CSS. Atau lagi menguasai Jquery sebagai pengembangan dari JavaScript. Singkatnya, teknologi web berkembang sangat pesat. Karena itu jika seorang Web Programmer bisa bertahan dengan reputasi yang menjanjinkan, maka mau tidak mau harus selalu mengupgrade kemampuan dan penguasaannya akan bahasa pemrograman baru dari waktu ke waktu.

Lalu setelah menguasi semua program diatas, selanjutnya apa pula tugas seorang Web Programmer di lapangan? Baca: Detail Tugas Seorang Web Programmer.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas