QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Pengertian Warna Hexadecimal dan Contohnya

: Kamis, Agustus 11, 2016

Pengertian Warna HexaDecimal dan Contohnya

Jika anda mendesain halaman web atau blog, maka anda sulit untuk melepaskan diri dari warna hexadecimal ini. Karena  warna hexa ini paling banyak digunakan untuk versi web.

Lalu Apa Itu Warna Hexadecimal?

Hexadecimal ini sebenarnya bukan sebuah jenis warna. Tapi adalah salah satu cara penulisan kode warna diantara jenis kode warna lainnya, khususnya untuk halaman web atau blog . Karena itulah konsep penulisan warna ini disebut dengan istilah Hexa Color Code, atau disingkat dengan Hexa Code atau Hexa Color saja. Penulisannya menggunakan angka (dari 0 sampai 9) dan huruf (dari A sampai F). Jumlah kodenya adalah 6 karakter. Bisa terdiri hanya dari angka saja, huruf saja, atau gabungan dari keduanya. Lalu sebagai penanda, menggunakan tanda pagar diawalnya. Contoh penulisannya adalah seperti ini:

#000000 (hanya angka)
#FFFFFF (hanya huruf)
#FF0000 (gabungan angka dan huruf)

Yang pertama dari contoh diatas, merupakan hexa code dari warna hitam, yang kedua warna putih dan yang ketiga warna merah. Begitulah seterusnya cara penulisan warna pada halaman web dengan menggunakan hexa code, dengan jumlah warna hingga belasan juta.

Lalu apa arti dari struktur kode warna tesebut?

Tanda pagar adalah penanda atau aturan cara penulisan untuk kode warna hexa. Sedang keenam karakter yang mengikutinya, merupakan konversi dari sistem RGB menjadi bilangan decimal (baca Apa Itu Warna RGB). 2 Karakter pertama, adalah kode untuk varian warna RED, sedang 2 karakter kedua, kode warna untuk varian GREEN dan 2 karakter terakhir untuk varian warna BLUE.

Pengertian Warna HexaDecimal dan Contohnya

Jadi keenam kode warna diatas, sebenarnya kata lain dari percampuran warna. Dalam hal ini pencampuran warna merah dengan hijau dan biru (RGB), dengan menggunakan komposisi atau takaran tertentu. Hasil akhirnya, akan berbeda tergantung berapa komposisi dari masing-masing warna yang digunakan. Hanya saja disini yang dicampur bukan cat atau zat warna. Tapi hanya dalam bentuk bit dan pixels, yang ditulis dalam bentuk kode-kode. Ibaratnya, anda sedang mencampur warna secara digital, yang kanvasnya adalah layar atau screen monitor. Karena itu anda bisa gonta ganti keenam warna tersebut dengan kode apa saja, lalu lihat hasilnya menjadi warna apa. Yang penting tidak keluar dari aturan dasar kode yang boleh digunakan, yaitu dengan angka 0-9 dan huruf A-F. Lalu diawalnya tambahkan tanda pagar.

Tapi jika anda termasuk orang yang malas melakukan uji coba seperti saya, maka anda juga bisa gunakan fitur siap pakai untuk mendapatkan kode warna hexa yang anda inginkan dibawah ini:

Daftar Lengkap Kode Hexa Warna
Palet Pengaduk Kode Warna Hexa
Generator Pembuat Kode Warna Hexa

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas