QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Pengertian Warna Kontras dan Contohnya

: Sabtu, Juli 09, 2016

Pengertian Warna Kontras dan Contohnya

Kontras termasuk salah satu jenis dari kombinasi warna. Warna pada dirinya sendiri, tidak pernah disebut sebagai kontras, serasi dan netral. Karena yang disebut dengan kontras atau tidak, adalah ketika sebuah warna disandingkan dengan warna lain. Untuk memahaminya sangat mudah.

Secara bahasa, kontras artinya adalah perbedaan yang mencolok. Lalu apa yang membuat perbedaan itu tampak mencolok? Ketika 2 hal yang disandingkan berasal dari 2 kutub yang berbeda. Misalnya tinggi dengan rendah, jauh dengan dekat, besar dengan kecil dan seterusnya. Begitu juga dengan warna. Bila mengacu pada lingkaran warna dasar Brewster, maka pasangan warna yang posisinya saling berhadapan, disebut dengan pasangan warna kontras. Tapi mereka menjadi pasangan yang kontras, bukan hanya karena ditempatkan secara berlawanan pada lingkaran warna. Tapi memang spektrum cahaya atau pigmen yang membentuknya, memang jauh berbeda. Itulah yang membuat huenya jauh berbeda. Contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

Pengertian Warna Komplementer dan Contohnya


Seperti gambar diatas, tampak posisi pasangan warna kontras adalah saling berhadapan.


MERAH dengan HIJAU
KUNING dengan UNGU
BIRU dengan ORANGE


Mungkin timbul pertanyaan bagi anda. Jika demikian yang dimaksud dengan warna kontras, lantas apa bedanya dengan warna komplementer? Jawabannya adalah sama. Perbedaannya, hanya pada cara memahami hubungannya. Jika yang dimaksud adalah bentuk kerjasama antar warna, maka itu disebut dengan Komplementer, yaitu hubungan saling melengkapi. Tapi jika yang dimaksud adalah perbandingan antar warna, maka itu disebut dengan warna kontras, karena antar warna tersebut, tampak begitu berbeda. Huenya tampak saling berlawanan.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas