QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Pengertian Warna Komplementer dan Contohnya

: Minggu, Juli 03, 2016

Pengertian Warna Komplementer dan Contohnya

Pernahkah dalam pergaulan anda merasa tidak pernah cocok dengan seseorang? Selalu saja sikap dan harapan anda dengan mereka berbeda bahkan berlawanan? Tapi pada kesempatan lain, anda justru punya teman yang selalu saja cocok dengan segala cuaca. Selalu saja seilir dan semudik. Singkatnya, benar-benar teman sejati yang serasi.

Nah begitu juga dengan warna.
Setiap warna, mengandung sifat dan karakter yang berbeda. Ada warna yang terkesan sejuk, ada warna yang terkesan panas, ada warna yang terkesan mewah dan seterusnya. Ketika setiap warna tersebut disandingkan satu sama lainnya, maka akan terjadi efek-efek atau kesan-kesan visual tertentu. Nah salah satu efek tersebut, bernama komplement atau dalam dunia warna dikenal dengan istilah komplementer, yang artinya saling mengisi dan saling melengkapi. Antar warna dalam relasi komplementer, tampak saling berkerja sama untuk menutupi kelemahan masing-masing. Saling menunjang membangun kekuatan bersama.

Misalnya warna merah, komplementnya adalah warna hijau. Merah adalah warna panas, sedang hijau adalah warna sejuk. Maka saat keduanya disandingkan, terjadi efek keseimbangan. Ada proses harmonisasi yang dinamis. Perkawinan panas dengan dingin, percumbuan keras dengan lunak. Singkatnya, relasi antar warna yang komplementer ini bagai pelaminan sepasang kekasih yang saling membutuhkan, yang satu sama lain, yang salah satu pihak kurang sempurna tanpa kehadiran yang lainnya. Itu sebabnya, dalam lingkaran warna Breswter, posisi antar warna komplementer ini saling berhadapan. Bukan saling bersebelahan seperti warna analogus. Itu simbol oposisi binner kehidupan, seperti jauh dengan dekat, tinggi dengan rendah, besar dengan kecil dan seterusnya, yang tanpa salah satunya, kehidupan tidak akan tegak. Nah begitulah pasangan warna komplementer. Tampak berlawanan secara posisi tapi saling menunjang dari sifat dan karakter.

Lalu warna apa saja yang masuk sebagai pasangan Warna Komplementer? Ada 3 pasang, seperti terlihat pada lingkaran warna dibawah ini:



MERAH dengan HIJAU
KUNING dengan UNGU
BIRU dengan ORANGE

Apakah hanya 3 pasangan warna ini yang termasuk pasangan warna komplementer? Jawabannya tidak. Masih ada variant lain yang masih kategori pasangan warna komplementer. Karena itu mari kita lanjutkan dengan Warna Split, Triad, dan Tetrad Komplementer.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas