Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Pengertian Warna Harmonis dan Contohnya

: Minggu, Juli 10, 2016

Pengertian Warna Harmonis dan Contohnya

Tidak ada warna yang disebut harmonis atau tidak jika sebuah warna hanya berdiri sendiri. Karena harmoni itu adalah sebuah perpaduan. Perpaduan antar komponen, perpaduan antar objek, perpaduan antar bagian-bagian. Kombinasi dari berbagai unsur.


Jadi apa itu warna harmonis?

Gamblangnya adalah kombinasi warna-warna yang saling berdekatan dalam lingkaran warna dasar. Atau kombinasi dari turunan warna dengan hue yang sama. Misalnya warna biru. Maka kombinasi harmonisnya adalah ketika warna biru ini digandengkan dengan turunan dari warna biru itu sendiri. Misalnya biru muda, biru gelap, atau hijau kebiruan. Disebut harmonis, karena semua warna tersebut, masih mengandung unsur biru, meskipun birunya sudah dicampur dengan putih, hitam dan kuning. Tapi ketika digandengkan dengan warna orange, maka kombinasinya tidak kategori harmonis. Karena warna orange, hue dasarnya sudah berbeda, yaitu campuran merah dan kuning. Contohnya seperti ini:


Pengertian Warna Harmonis dan Contohnya

Pada gambar diatas, dikelompokkan ada 4 kuadran warna yang termasuk kategori warna harmonis. Masing-masing warna yang terdapat pada setiap kuadran, adalah 3 warna yang merupakan satu turunan, sama-sama berasal dari hue yang sama. Tapi anda jangan terpaku dengan pembagian diatas. Anda tetap bisa membuat pola yang berbeda. Misalnya setiap garis batas tersebut anda geser ke kiri atau ke kanan. Yang penting adalah prinsip dasar dari warna harmonis, yaitu warna-warna yang berdekatan dalam kelompok hue atau warna dasar yang sama. 



Pengertian Warna Harmonis dan Contohnya

Pada gambar diatas, semua warnanya juga termasuk kombinasi warna harmonis. Karena hue dasarnya juga sama, yaitu biru. Lalu ke kiri turunan warna biru yang dicampur dengan putih dan ke kanan yang bercampur dengan hitam. Anda juga bisa lakukan hal yang sama terhadap warna lainnya. Misalnya terhadap warna kuning, merah, orange, hijau dan seterusnya. Yang penting, turunannya harus bertolak dari warna dasar yang sama.



Pengertian Warna Harmonis dan Contohnya

Nah jika pada gambar ini, tidak termasuk kombinasi warna harmonis. Karena sudah ada turunan warna lain yang bukan berasal dari warna dasar yang sama, yaitu orange.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas