Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Widget & Gadget Blog serta Perbedaannnya

: Rabu, Juni 15, 2016

Jangan peduli ulasan tentang apa itu Widget dan Gadget Blog dibawah ini. Sekaligus jangan peduli perbedaan diantara keduanya. Karena ini hanya untuk Blogger yang ingin punya wawasan
Apa Itu Widget dan Gadget Blog sekaligus Perbedaannnya

Secara umum,
Gadget dan Widget pengertiannya sama. Yaitu aplikasi pendukung untuk kelengkapan fitur sebuah blog. Apkikasi tersebut isinya adalah kode-kode satau script yang bisa menampilkan sistem dan tayangan tertentu. Sama statusnya dengan Add-ons atau Plugin pada Browser seperti Mozilla dan Chrome. Aplikasi kecil ini terpisah dari struktur template dasar. Karena itu untuk menggunakannya, harus diinstall atau dipasang kemudian setelah sebuah template dan blog selesai dibuat. Fungsinya adalah untuk melengkapi fitur yang belum tersedia pada template sebuah blog secara default.

Contoh:

Widget atau Gadget Statistik
Fungsinya adalah untuk mencatat traffic sebuah blog. Untuk mengetahui lalu lintas pengunjung yang keluar masuk di sebuah blog. Berapa kunjungan perhari, perminggu, perbulan dan seterusnya. Berapa banyak pengunjung online secara real time. Berapa lama pengunjung bertahan di sebuah blog. Berapa halaman yang dibuka oleh pengunjung. Dari mana pengunjung datang sehingga akhirnya kesasar ke halaman sebuah blog. Dan seterusnya segala hal yang menyangkut dengan prilaku pengunjung.

Sangat banyak situs atau vendor yang menyediakan widget atau gadget pencatat pengunjung ini. Contohnya situs Geovisite.com. Lalu seperti apa widget tersebut? Inilah salah satu dari kode widget tersebut:

<script type="text/javascript" src="http://feedjit.com/serve/?vv=1515&amp;tft=3&amp;dd=0&amp;wid=&amp;pid=0&amp;proid=0&amp;bc=f1f1f1&amp;tc=666&amp;brd1=eee&amp;lnk=135D9E&amp;hc=FFFFFF&amp;hfc=eee&amp;btn=eee&amp;ww=75&amp;wne=1&amp;srefs=0"></script>

Apabila script ini dipasang pada blog anda, maka tampilannya nanti akan seperti ini:

Apa Itu Widget dan Gadget Blog sekaligus Perbedaannnya

Jumlah widget dan gadget ini sangat banyak, sesuai dengan fungsi dan keunggulannya masing-masing. Bahkan terus bertambah sering kemajuan teknologi IT di bidang web blogging. Baik yang disediakan secara gratis oleh banyak vendor maupun yang berbayar. Pada engine Blogger, galery gadgetnya sudah tersedia secara otomatis di halaman dasbor setiap blog. Contohnya seperti ini:

Apa Itu Widget dan Gadget Blog sekaligus Perbedaannnya

Pada gambar diatas, ditayangkan beberapa widget dasar yang paling banyak digunakan oleh Blogger yang menggunakan engine Blogger (lihat no.1). Jika anda ingin mendapatkan widget lain diluar koleksi widget dasar, anda juga bisa menambahkan widget lain. Anda cukup mengklik beberapa link alternatif yang sudah disediakan pada no.4. JIka anda mengklik salah satu link tersebut, maka akan muncul beberapa koleksi widget yang siap anda gunakan secara gratis.

Lalu kenapa ada 2 istilah yang berkembang untuk menamai aplikasi tambahan ini? Kenapa ada istilah Widget dan Gadget? Apakah pengertian keduanya memang sama? Apabila ditinjau dari fungsinya, pengertiannya memang sama. Sama-sama sebuah aplikasi mungil yang berfungsi untuk menambah fitur tertentu pada sebuah blog. Yang membedakannnya adalah, Gadget hanya aplikasi web tambahan yang disediakan oleh Blogger dan hanya bisa digunakan pada blog yang menggunakan flatform Blogger. Sedang Widget adalah aplikasi web tambahan yang bisa digunakan untuk semua blog dan web yang berbasis CMS (Content Management System). Karena itu Widget bisa digunakan untuk blog yang menggunakan Blogger dan selain Blogger (seperti Wordpress, Drupal, Joomla, Mamboo, Conrete5, SilverStripe, dan sejenisnya). Skema ringkas persamaan dan perbedaannya lebih kurang seperti ini:

Apa Itu Widget dan Gadget Blog sekaligus Perbedaannnya

Lalu bagaimana cara memasang sebuah widget tersebut pada blog anda? Mari kita cabut dan pindah ke halaman: Panduan Lengkap Cara Memasang Semua Widget pada Blog

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas