Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Sukses Blogging? Waspadai Template Blog Anda!

: Sabtu, Juni 11, 2016

Template blog sama dengan lahan tempat tumbuhnya tanaman. Lahan yang subur, akan membuahkan hasil yang setimpal. Begitu juga sebaliknya.

Sukses Blogging? Waspadai Template Blog Anda!

Sebelumnya jangan lupa, pahami dulu: Apa Itu Template Blog?

Kenapa template blog sangat menentukan untuk sukses blogging anda? Karena pada template itulah segala aktivitas blogging anda dipertaruhkan. Betapapun bagusnya bibit sebuah tanaman, tapi jika tumbuh di lahan yang tandus, hasilnya tetap akan percuma. Tapi bibit yang biasa saja, tapi tumbuh di lahan yang subur, peluang menghasilkan buah yang lumayan, tetap ada. Intinya, lahan, adalah prasyarat nomor satu sebelum bibit. Begitu juga dengan sebuah blog. Sebagai sebuah lahan, sebagai sebuah landasan pacu, Template adalah syarat utama untuk sukses blogging anda sebelum bicara faktor lainnya.

Bagaimana alur kerjanya hingga saya katakan demikian? Karena pada template itulah bersarang sistem kode yang berhubungan dengan desain tampilan, SEO dan loading sebuah blog. Dan ketiga aspek kunci ini pula yang mempengaruhi, apakah sebuah blog berpeluang melesat kencang, atau justru terjun bebas masuk jurang. Sekarang mari kita lihat lebih jauh.

Pertama Desain tampilan:

Bagaimana interface atau wajah blog anda, ditentukan oleh template yang anda gunakan. Karena pada template itulah ditanam perintah-perintah untuk menampilkan berbagai aspek desain sebuah blog. Berapa ukuran header, lebar halaman postingan, sidebar, widget dan footer sebuah blog, warna, komposisi dan sistem navigasi, diatur dalam sebuah template. Bayangkan jika tampilan sebuah blog atau situs amburadul, apakah anda akan betah untuk berlama-lama menjelajahi halaman demi halamannya? Apakah mata anda merasa nyaman jika sebuah blog tampilannya begitu norak? Apakah anda bisa bertahan lama membaca sebuah postingan pada suatu blog dimana font yang digunakan untuk tulisannya adalah font yang menyusahkan mata?

Begitu juga dengan sistem navigasi. Ingatlah ketika anda kesasar ke sebuah blog, yang sistem navigasinya buruk alias tidak jelas. Ingin mencari judul tulisan yang anda inginkan, tidak ada Daftar Isi atau Sitemap blog. Ingin mencari tulisan yang sejenis atau satu kategori, tidak ada label terkait. Bahkan fitur searching atau kotak cari juga tidak ada. Dugaan saya, akhirnya anda akan mengoceh.

Akibat dari semua itu, nilai page view blog anda akan rendah. Begitu pengunjung kesasar, mereka langsung meloncat keluar. Secara berantai, bounch rate blog anda, jadi tinggi. Rasio pentalan pengunjung keluar, jadi tinggi. Dan ini, menjadi indikator bagi robot mesin pencari, bahwa konten blog anda, tidak berkualitas. Terbukti, pengunjung tidak ada yang betah, yang indikatornya terbaca melalui persentase bounch rate dan angka page view. Anggaplah tulisan anda memang menarik dan memang dibutuhkan pembaca, tapi dengan sistem dan tampilan blog yang tidak mendukung, konten anda yang berkualitas, jadi terabaikan dihimpit oleh semua keluh kesah pengunjung.

Kedua Loading Blog:

Ingatlah ketika anda kesasar ke sebuah blog yang leletnya minta ampun. Setiap yang anda klik, selalu lama terbuka. Bahkan tidak jarang, halaman yang anda ingin lihat akhirnya tidak berhasil dibuka, karena waktu yang digunakan untuk merambahi halaman, sudah melampaui limit waktu yang ditentukan browser. Akibatnya anda terpaksa mereload halaman itu berkali-kali. Nah, semua itu, adalah akibat dari sistem template yang digunakan. Apakah kode-kode yang terdapat pada template, sudah ramah atau belum terhadap speed loading. Apakah komposisi script yang memberatkan halaman sudah diperhitungkan dengan script yang meringankan beban blog. Apakah isi template begitu banyak javascript, gambar yang berat, dan seterusnya. Semua itu kuncinya pada template.

Jika blog anda lelet dibuka, yang akan kesal, tidak hanya pengunjung. Yang akan malas mampir, tidak hanya manusia. Tapi robot juga enggan merayapi halaman blog anda. Karena robot itu juga bukan Dewa. Mesin pencari itu juga punya keterbatasan. Bayangkan begitu banyak situs yang akan dirayapi, berapa kuota bandwidh yang dibutuhkan untuk semua itu. Blog yang berat, blog yang lelet, akan menyita kuota bandwidh mereka. Itulah sebabnya, halaman yang lelet, akhirnya diabaikan oleh robot. Begitulah sistem algoritma yang diset oleh mesin pencari untuk menjaga efektitas sumber daya mereka.

Karena itulah jangan sembrono dalam menggunakan sebuah template. Pastikan yang anda gunakan, adalah template yang ringan. Sehingga anda bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Disukai oleh pengunjung, dan sekaligus juga direstui oleh robot. Anda jadi berpeluang mendapatkan traffic yang banyak dan loyal, lalu disisi lain, peringkat blog anda, menjadi bagus sekian persen dimata mesin pencari. (Lihat: contoh template blog paling ringan)

Ketiga SEO:

Ini kunci untuk pengunjung melimpah dan prestasi blog jangka panjang. Bahkan kunci ketahanan sebuah blog. Apalagi jika anda ingin menggunakan blog sebagai kenderaan untuk mencari uang secara online. Artinya blog anda, adalah pabrik mata uang. Toko maya pembangun finansial anda. Template yang tidak SEO Friendly, akan sulit untuk meraihnya. Karena blog jadi tidak kuat bersaing di halaman pencarian diantara berjubel kompetitor. Sedang kunci bisnis online, yang pertama adalah pasar. Dalam konteks blogging, kuncinya adalah traffic. Pengunjung. Jika blog sudah ramai, maka peluang untuk menjadi uang, sudah mudah. Tapi jika blog seperti kuburan, apapun yang anda jual, tidak akan laku, karena hanya nyamuk yang mampir.

Nah, SEO tidaknya sebuah blog, syarat utamanya juga ditentukan oleh template yang digunakan. Apakah struktur templatenya sudah sesuai dengan algoritma mesin pencari atau tidak. Apakah script yang digunakan, menghambat robot untuk merayapi dan mengindeksnya. Apakah meta tag yang digunakan, sudah natural dan punya nilai relevansi yang kuat dimata mesin pencari. Singkatnya, semua itu terdapat pada template. Bayangkan jika anda sudah bersusah payah rajin menulis di blog. Tapi semua itu, hanya ditanam pada template yang nilai SEOnya brengsek. Maka hasilnya, juga sepadan.

Karena itu pastikan template yang anda gunakan, memang sesuai dengan algoritma mesin pencari. Sehingga peluang mendapatkan peringkat dari mereka, menjadi tinggi, dan sekaligus peringkat itu bisa bertahan lama.

Nah itulah 3 sebab kenapa saya menyatakan bahwa sukses blogging anda, sekian persen diawal sangat ditentukan oleh template yang anda gunakan. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Pastikan anda tidak kemana-mana setelah yang satu ini: Ebook SEO Valid Struktur Template.

6 komentar

avatar

Selamat sore Mas EA. Saya mau nanya, bagaimana cara membuat tombol share dan subscribe di bawah postingan seperti punya mas EA. Keren abis. Saya jadi jatuh cintrong.

Balas Hapus
avatar

Hahaha .... yang benar Didaksi
Tombol yang teramat sederhana tanpa ada angka sharenya spt tombol share resmi dari berbagai situs yang bonafit

Balas Hapus
avatar

Saya benerean Mas EA. Banyak hal yang saya pelajari dari Mas EA. Dulu saya mengelola blog http://ikaa-jogja.blogspot.com/. Template blog tersebut kan dari Blogernas dulu. Saya dari beberap hari ini, nongkrongin Blog Mas EA, tapi Mas EA belum buat tutorial Blog sehebat dan sekomplit blogernas dulu. hehehehehehehehe. Saya kangen tutorialnya Blogernas yang lampau.

Balas Hapus
avatar

Makasih pengakuannya Didaksi,
Sabar ya karenaa usia blog ini baru 5 bulan. Jadi kontennya belum cukup. Satu demi satu nanti juga akan saya tulis seiring berjalannya waktu

Balas Hapus
avatar

Terimakasih kembali Mas EA. Saya menunggu tutorial blogernas yang baru ini. Semoga tak lelah berbagi ilmu dengan kami para pemula blogger. Salam blogger.

Balas Hapus
avatar

Sama-sama Didaksi, terima kasih sudah setia nongkrong di blogernas

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas