QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Sebab Kemaren Saya tidak Menulis di blogernas

: Minggu, Juni 19, 2016

Sebab Kemaren Saya tidak Menulis di blogernas

Yang dimaksud dengan kemaren pada tulisan ini adalah, Sabtu 18 Juni 2016. Terhitung dari pagi sampai malam. Bukan terhitung dari jam 00 hingga subuh. Karena kalau jam 00 sampai Subuh, saya justru produktif menulis di blog ini.

Jadi kenapa kemaren saya tidak bisa menulis?
Sebabnya karena saya sangat sibuk di warnet saya. Beberapa komputer klien, bermasalah. Ada 3 komputer yang teramat menjengkelkan, sehingga mereka, akhirnya menyita waktu blogging saya sehari semalam.

Pertama Komputer No.18
Komputer yang satu ini, sudah lebih kurang sejak 15 hari lalu membuat ulah. Gerakan kursor mousenya, tidak stabil. Selalu terjadi putus nyambung beberapa detik. Dan itu berlangsung terus menerus sejak komputer menyala dan mousenya aktif. Sampai komputer mati. Jadi bukan karena membuka sebuah aplikasi atau game tertentu. Tapi memang dari awal sampai akhir, prilaku kursor mousenya seperti itu. Sudah brengsek duluan sebelum digunakan.

Lalu apa yang menjadi penyebabnya?
Semula saya pikir mousenya. Meskipun mausenya masih tergolong baru, tidak jaminan mouse tersebut tidak ada masalah. Bisa saja cacatnya bawaan dari pabrik. Maka tanpa pikir panjang saat itu mousenya langsung saya ganti dengan yang baru. Lalu bagaimana hasilnya? Ternyata hasilnya sama. Tetap saja masih brengsek. Saat digerakkan, kursor mouse tetap masih sering putus nyambung. Saya pikir, mungkin sumber masalah pada sistem software. Misalnya infeksi virus, file Windows yang corrupt dan seteterusnya. Maka tanpa pikir panjang, saya pun juga meninginstall ulang Windowsnya. Install Fresh. Semua partisi, dilebur ulang, biar bersih. Biar semua jejak virus dan cookies apapun, jadi rata dengan tanah. Tapi lagi-lagi, hasilnya tetap sama.

Saya mulai jengkel
Saya pikir mungkin masalahnya pada motherboard. Tapi sebelumnya, masih ada 2 kemungkinan lain yang masih ringan dan tidak membutuhkan biaya mahal. Pertama ganti baterai, dan kedua bersihkan atau ganti port USB. Untuk ganti baterai, sudah saya lakukan, tapi hasilnya tetap sama. Sedang untuk ganti posrt USB, hingga kini belum sempat saya lakukan.

Kedua Komputer 9
Komputer ini adalah PC generasi pertama saat pertama saya buka warnet pada tahun 2012. Tiba tiba komputer ini tidak bisa hidup. Monitor tidak nyala sedang kipas CPU berputar. Saya pikir masalahnya Power Supply sudah lemah, sehingga tidak cukup arus listrik untuk menghidupkan komputer. Tapi anehnya, setelah saya ganti dengan Power Supply yang baru, tetap saja tidak hidup. Lalu saya pikir mungkin didalam CPU, sudah terlalu kotor, mungkin kipas pendingin prosessor debuhnya sudah sangat tebal dan pekat. Maka tanpa pikir panjang, CPUnya saya bongkar dan saya bersihkan. Setelah selesai, kembali saya hidupkan. Apakah saya berhasil? Lagi lagi tidak. "Ah .. sialan!" Saya pikir saya harus membawa komputer tersebut ke toko service Komputer. Tapi sebelumnya, secara iseng saya coba menambahkan pasta prosessor yang sudah kering. Bagaimana hasilnya? Ternyata bisa dan komputernya hidup. Syukuuurrr .... Maka selesai sudah.

Ketiga Komputer 19
Ini aneh. Komputernya masih baru, tapi sering terjadi blue screen. Usut punya usut, ternyata driver yang saya installkan tidak cocok. Baik driver untuk semua perangkat umum, maupun driver VGA eksternal. Akhirnya setelah install ulang lengkap dengan drivernya, komputer ini pulih dengan lancar.

Itulah 3 sebab kenapa kemaren saya tidak sempat menulis di blogernas ini. Karena waktu saya, sudah dirampas habis oleh ketiga masalah yang kurang ajar diatas.

14 komentar

avatar

izinkan saya tidak berbasa-basi juga dengan mas erianto anas (sang motivator menulis dan berkarya)untuk berkomentar pada tulisan sebab kemaren saya tidak menulis di blogernas

sebab saya bingung ingin berkomentar apa sama mas erianto anas, karena tidak mungkin saya bisa menyalahkan mas anas sepenuhnya, tapi tujuan saya datang ke kampus maya blogernas bertujuan untuk mengoreksi dari kecermatan mas erianto anas untuk mengoreksinya kembali sebelum mempublisnya (hahahahahah) maaf ya mas anas...

pada judul sebab saya tidak menulis di blog ernas

pertama kelalaian mas erianto anas adalah penempatan tanggal sabtu, 19 juni 2016
apakah saya gagal faham untuk mengartikan dari pukul 00.00 waktu indonesia blogernas. seharusnya 18 juni 2016

pada paragraf Lalu apa yang menjadi penyebabnya?
sedikit kursor kebawah disana ada kata meninginstall (harusnya menginstall)

Ketiga komputer19
sedikit gulung kebawah disana ditemukan kata KOMPTERNYA (Komputer)

Balas Hapus
avatar

hahaha ....!
Terima kasih koreksinya Rizal
Langsung diperbaiki

Balas Hapus
avatar

waduh bagaimana ya mau bilang sama mas anas.
nama fb mas anas apa yang sekarang..

jujur saya belum puas melihat kampus blogernas dengan papan komentar seperti ini mas. masih belum optimal, sebaiknya mas anas perbaiki ya mas. biar lebih menarik.

yang buat kurang menarik ini sama saja seperti yang lama...

waduh jadinya OOT saya nih mas anas, untuk membantu menilai masalah yang satu ini (intinya komentarlah)

Balas Hapus
avatar

Sepanjang tujuannya untuk kemajuan jangan sungkan-sungkan memberikan kritik, saran dan bantuan Rizal. Dan sebaik-baik masukan, adalah dalam bentuk uang

Balas Hapus
avatar

nah itulah mas anas masalahnya. sungkan saya memberikan masukan kepada orang yang sudah full memberikan wawasannya untuk saya, takut salah atau dibilang sok pakar.

tapi ya itulah mas anas, kotak komentarnya harus diperbaiki lagi agar lebih menarik mas anas. jujur saya melihatnya seperti (maaf) kurang menarik atau masih kurang baik penataannya

Balas Hapus
avatar

Sebelum kamu bilang seperti itu saya sudah lama mengakuinya sendiri. Tapi karena masih diseret untuk membenahi hal hal lain, akhirnya sampai sekarang belum tuntas saya benahi. Makasih Rizal. Sekali lagi jangan sungkan jika menurut anda ada hal yang perlu ditanggapi dan diberi saran.

"Sesungguhnya kritik yang jujur dari seorang Blogger itu lebih berharga dari pujian palsu" (bukan Ayat Alquran)

Balas Hapus
avatar

ya mas anas, karena saya sudah rajin ngampus di blogernas ini, jadi saya tidak mau kampus saya kotor dan berantakan. saya mau ambil sarjana S4 yang tidak ada menjadi ada di kampus blogernas.

ya tuhan. ternyata mas anas benar2 belum tobat karena masih ada quran dibawa-bawa hahahahahah

Saran saya
Tobatlah yng bersungguh-sungguh mas anas :)))))))))))))))))))))))))))))))

Balas Hapus
avatar

luar biasa mas anas kalau begini, sudah bagus kampusnya :)
tapi mas, ada sebuah tombol tanda panah kebawah dan terletak di sebelah KIRI dari hadapan saya, pas sekali di samping paragraf pertama

Balas Hapus
avatar

Dimana Rizal? Saya kok tidak melihatnya?

Balas Hapus
avatar

sudah menghilang mas, tadi ada tanda panah kebawah V << begitulah contohnya. sekarang sudah menghilang.. makin keren ini kampus maya blogernas

Balas Hapus
avatar

Oh
Tadi itu saya masih sedang sibuk mengeditnya Rizal. Makasih Rizal atas kepeduliannya.

Balas Hapus
avatar

sama-sama mas anas.. saya perduli karena sudah banyak jasa yang blogernas berikan kepada saya. dan sebagai balasannya saya hanya bisa memberikan masukan-masukan yang mana jika tidak enak dilihat atau mengganjal maka akan saya komentari

Balas Hapus
avatar

Itu lebih baik Rizal dari pada tidak ada balasan sama sekali. Hahaha ...!

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas