QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Mencari Kode pada Edit HTML Blog Sekali Enter

: Senin, Juni 20, 2016

Cara Mencari Kode pada Edit HTML Blog Sekali Enter

Jika anda sudah mulai utak atik template, mau tidak mau, anda akan banyak berurusan dengan script atau kode yang terdapat pada template blog. Anda akan sering keluar masuk rimba belantara kode yang jumlahnya mencapai ribuan pada halaman edit HTML blog anda sendiri. Jika anda mencari kode tertentu secara manual, selain repot menggulung layar, anda juga akan rawan untuk bingung dan muak. Karena untuk satu jenis kode, variannya cukup banyak. Misalnya anda ingin mencari kode sidebar. Maka varian dari kode sidebar ini sangat banyak. Misalnya seperti ini:

#sidebar
#sidebar-wrapper
#sidebar-left
#sidebar-right
#sidebar-1
#sidebar-2
.sidebar
.sidebar ul
.sidebar li
.sidebar-H2
.sidebar-H3
<div id="sidebar">
<b:section class='sidebar'
Dan seterusnya ...

Semua variant dari kode sidebar tersebut, tersebar disepanjang hutan belantara script template blog anda. Jika anda tidak punya rumus yang jelas tag sidebar mana yang akan anda cari, dan juga belum tahu cara cepat dan pasti dalam mencarinya, maka besar kemungkinan, akhirnya anda akan mengoceh: "Busyet! Yang mana nih ..." Lalu akhirnya anda akan frustasi sendiri. Karena itu tobatlah. Ingat. Segala sesuatu ada ilmunya. Ada kiatnya.

Nah pada kesempatan ini saya ingin bagikan pada anda, bagaimana cara cepat mencari kode tertentu yang anda inginkan pada kotak Edit HTML template blog anda. Hanya dengan sekali Enter, anda akan langsung tiba tepat di lokasi kode yang anda inginkan. Bagaimana caranya?


Sekarang silahkan anda login ke halaman dasbor Blogger anda terlebih dulu. Kemudian setelah halaman dasbor terbuka, layangkan pandangan anda ke panel menu sebelah kiri. Contohnya seperti ini:

Cara Mencari Kode pada Edit HTML Blog Sekali Enter

Lalu kliklah pada menu Template, sehingga terbuka tampilan seperti gambar di bawah ini:

Cara Mengganti Template Blog Melalui Mode Edit HTML

Nah seperti gambar diatas kliklah pada tombol Edit HTML, sehingga terbuka tampilan seperti ini:

Cara Mencari Kode pada Edit HTML Blog Sekali Enter

Selajutnya yang akan kita lakukan adalah menampilkan fitur search pada kotak HTML ini. Caranya sembarang kliklah pada bagian yang kosong diantara kode-kode diatas, seperti yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar diatas. Setelah itu tekanlah (CTRL + F) pada keyboard.

Cara Mencari Kode pada Edit HTML Blog Sekali Enter

Nah tampak kemudian muncul kotak search pada pojok kanan atas dari kotak HTML ini.

Cara Mencari Kode pada Edit HTML Blog Sekali Enter

Selanjutnya anda tinggal gunakan kotak search tersebut untuk mencari kode apa yang anda ingin temukan. Caranya sama dengan saat anda searching di Google. Ketikan tag atau kata kunci yang ingin anda cari pada kotak tersebut. Tapi ingat, pastikan kueri yang anda ketikan, memang sudah benar penulisannya. Jika salah, maka fitur ini tidak akan menampilkan apa-apa. Nah pada contoh ini saya mengetikan kata kunci sidebar. Setelah itu saya tekan tombol Enter. Lalu serentak kemudian, hasil pencarian akan ditampilkan dengan highlight berwarna kuning (jika meggunakan Chrome warna highlightnya adalah ungu).


Cara Mencari Kode pada Edit HTML Blog Sekali Enter

Pada contoh ini, ditayangkan ada 3 kueri sidebar tertangkap basah karena hasil pencarian yang dilakukan. Ketiganya ditandai dengan highlight berwarna kuning. Jika hasil yang ditayang belum sesuai, misalnya maksud anda bukan sidebar yang itu, maka anda bisa telusuri terus sampai ke bagian bawah. Caranya jangan mengklik apa-apa, dan jangan memutar scroll. Tapi cukup dengan menekan tombol Enter kembali. Sehingga anda diantarkan lagi pada kueri sidebar berikutnya jika masih ada. Jika masih belum sesuai, lagi lagi tekan tombol Enter lagi. Sistem akan terus mengantarkan anda ke lokasi kode yang sama berikutnya di bawahnya jika kode tersebut masih ada.

Nah begitulah seterusnya setiap kode atau kueri apapun yang ingin anda cari, baik kueri kategori script HTML, CSS, JavScript, PHP, maupun hanya kueri dari teks biasa.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas