QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Kapan Sebaiknya Anda Ganti Template Blog?

: Minggu, Juni 12, 2016

Menunda apalagi tidak peduli dengan template blog,
sama artinya dengan bunuh diri blogging.
Efeknya anda akan bosan sendiri


Kapan Sebaiknya Anda Ganti Template Blog?

Pertanyaannya sama dengan kapan sebaiknya anda mandi. Maka jawabannya bersayap pada kedua arah. Pertama jawaban untuk diri anda sendiri dan kedua jawaban untuk orang lain. Kapan sebaiknya anda mandi, tentu jika anda sudah merasa gerah. Dan untuk orang lain, kapan sebaiknya anda mandi, tentu ketika anda ingin tampak segar dan cerah dimata orang lain.

Nah begitu juga dengan template sebuah blog.
Tidak selalu waktu yang tepat untuk menggantinya berdasarkan aturan main. Tidak selalu berdasarkan SEO. Dan tidak selalu berdasarkan harapan pengunjung.

Jawaban pertama, dan yang paling penting adalah
Kapan anda menginginkannya. Karena template itu sama dengan rumah. Sama dengan kamar hunian anda. Jika anda tidak suka, maka jangan harap anda sendiri akan betah menghuninya. Apalagi untuk membenahinya. Itu sama artinya dengan bunuh diri psikologis. Menyiksa diri agar suka dan cinta. Padahal aslinya anda muak. Jadi menahan diri itu tidak natural. Palsu!

Begitu juga dengan blog.
Jawaban yang paling valid kapan sebaiknya anda mengganti template adalah berdasarkan keinginan anda sendiri. Karena orang pertama dan terakhir yang akan menyetubuhi blog tersebut, adalah anda sendiri. Jadi dasar pertimbangan nomor satu yang harus diacuhkan adalah, diri anda sendiri. Kenapa? Karena jika anda tidak suka dengan tampilan blog anda sendiri, maka anda tidak akan betah dan cepat bosan untuk membenahinya. Bahkan bisa berubah menjadi muak melihat blog sendiri. Tapi sebaliknya, jika anda suka dengan tampilan blog anda sendiri, benar benar anda bangga karenannya, maka sikap dan tindakan anda akan jauh berbeda. Anda akan senyum-senyum sendiri setiap melihatnya.

Ini rumus psikologis.
Karena cinta, akan datang pengabdian dan pengorbanan yang luar biasa. Jadi pastikan, template blog anda, membuat anda cinta padanya. Agar energi mental anda untuk mengelolanya, jadi berbinar-binar dalam waktu yang lama

Disisi lain,
Saya juga tidak pungkiri, bahwa SEO, loading dan masalah lainnya adalah penting untuk prestasi blog. Tapi semua itu, tidak akan pernah anda raih jika dari awal, anda sudah muak duluan dengan blog anda sendiri karena tampilannya tidak anda sukai. Jadi pastikan anda tidak tertipu oleh tips tips yang tidak natural dimana-mana. Yang melulu mempertimbangkan sisi teknis sebuah template.

Jika anda mengikuti versi saya, saat anda mulai tidak bergairah melihat tampilan blog anda sendiri, sudah banyak keluhan terhadapnya disana-sini, maka itu sudah isyarat bahwa sudah waktunya anda menggantinya. Dan saat memilihnya, utamakan desain tampilannya. Setelah itu, baru menyusul aspek lainnya. Tapi jangan pernah mengabaikannya. Kawinkan kemolekan tampilan dengan SEO dan loading

Lalu bagaimana cara mengganti template blog?
Mari kita lanjutkan disini: Cara Mengganti Template Blog Bawaan Blogger

6 komentar

avatar

itulah mengapa saya tidak mau gonta ganti template, karena saya sudah mencintai template yang sudah lama saya pakai yaitu Klodian. saya juga mengenal template klodian dari blogernas. pertama kelebihan dari template tersebut adalah mudah dirubah dan difahami. artinya buat anda juga sebagai pembaca tulisan ini sebaiknya memilih template yang simple dan mudah anda otak dan atik.

selain mudah dipahami dan mudah diotak atik, maka carilah template yang responsive. respon terhadap Hanphone, TAb, desktop,terlebih kita menemukan template yang seo friendly yang mana penyusunan headingnya terstruktur seperti menjungkir balikan defaul H1 H2 H3 yang artinya H1 untuk nama blog, H2 widget dan H3 posting. lalu rubah menjadi H1 untuk judul posting, H2 posting dan judul ketika berada di halaman home dan h3 untuk widget.

saya rasa orang kebanyakan gonta ganti template karena tidak percaya diri. sebenarnya template bawaan blogger juga mampu bersaing dengan blogger papan atas tergantung kita sendiri bagaimana mendesaign template tersebut agar membuat pengunjung lebih nyaman.

peraturan ketika ingin menganggi template
agar google robot tidak lari ketika sedang mengcrawl situs kita maka sebaiknya sediakan telebih dahulu 1 buah postingan blog yang sudah disiapkan di notepad terlebih dahulu. setelah mengganti template blog, maka langsung upload postingan tersebut di blog kita.

sampai disini anda belum cukup berhasil, untuk dari itu kita perlu sedikit permainan yaitu memanfaatkan fetch as google agar postingan baru tersebut langsung terindex pada mesin pencari.

mungkin sampai disini dulu karena saya harus membuat kopi untuk dosen saya yaitu Bang Erianto Anas ...happy blogging

Balas Hapus
avatar

hahaha .....
Makasi Rizal kopi sharingnya
Mangstap!

Balas Hapus
avatar

hahahaha mas anas :P
salam sama ega ya hahahaha

Balas Hapus
avatar

pernah suatu ketika template saya serasa bagus banget.. tapi di lain waktu jadi kurang sreg lagi.. mungkin wajar, sifat manusia yang gak pernah puas..

#meskipun template yang skrg pun masih belum maksimal... ganti lagi ah.. tapi nyari yang lebih bagus tapi ringan loadingnya.....

-aLamathuR d'hileudjapanist II

Balas Hapus
avatar

hahaha
Betul mas Athur, itu tandanya kita berkembang
Sehingga pada fase tertentu, kita tidak lagi merasa puas, sesuai perubahan diri kita sendiri, misalnya karena wawasan kita tentang Blogging dan Desain, sudah berubah

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas