QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Header Blog, Fungsi dan Contohnya?

: Kamis, Juni 16, 2016

Abaikan saja ulasan tentang apa itu header blog di bawah ini. Dan jangan pedulikan tentang fungsi dan contoh yang dijelaskan dan yang ditayangkan. Dan akan lebih baik jika anda tinggalkan saja blog ini
Apa Itu Header Blog, Fungsi dan Contohnya?

Sebenarnya sangat mudah untuk memahami apa itu header blog jika anda cukup jeli memahami asal katanya. Header itu bahasa Inggris. Berasal dari kata HEAD yang artinya adalah KEPALA. Lalu penambahan ER dibelakangnya bermakna yang mengepalai. Jadi lengkapnya, secara gamblang Header Blog itu berarti area utama yang terletak pada bagian atas sebuah blog, yang sangat menentukan keberadaan blog secara keseluruhan. Bagian itulah yang menggambarkan totalitas blog secara utuh. Karena pada bagian itulah terletak title (judul) dan deskripsi sebuah blog.

Bayangkan jika sebuah tulisan dan surat tanpa judul. Atau yang lebih ekstrem bayangkan jika ada manusia tanpa kepala. Apa yang akan terjadi? Jadi membingungkan bahkan bisa mengerikan bukan? Nah begitu juga dengan sebuah blog tanpa header.

Header itu adalah mercu suar sebuah blog. Karena pada bagian itulah terdapat informasi yang memberitahukan pada pengunjung tentang identitasnya. Header itulah yang memberitahukan isi sebuah blog tentang apa. Materi dan fokusnya apa. Sehingga dengan membacanya, pengunjung jadi tahu dan punya gambar singkat tentang nice sebuah blog. Begitu juga dari sisi SEO. Header itulah area tempat memasang tag untuk memanggil robot dalam memberitahukan tentang isi dari blog tersebut secara keseluruhan. Pada bagian itulah dipasang tag title dan tag deskripsi sebuah blog.

Bahkan header itu juga sebuah mahkota bagi sebuah blog. Statusnya sama dengan rambut di kepala manusia. Pada bagian itulah terdapat logo dan banner yang menjadi brand sebuah blog. Artinya dari sisi desain tampilan, header yang dihias dengan proffesional, akan memberikan citra tertentu yang bisa memikat hati pengunjung. Semua yang terpajang disana, akan menjadi jembatan memory dan memberikan efek khusus bagi pengunjung dalam menilai sebuah blog diantara begitu banyak kompetitor di belantara maya.

Karena itulah seorang Blogger yang proffesional, tidak akan sembrono dalam menata header blog mereka. Baik dari sisi SEO maupun dari sisi desain tampilannya. Singkatnya, jika ingin berprestasi dalam blogging, header tidak bisa dianggap sebelah mata. Bahkan sangat menentukan.

Lalu seperti apa contoh tampilan header blog tersebut? Berikut beberapa contoh yang bisa anda lihat, mulai dari header bawaan Blogger tanpa modifikasi sampai dengan hader kreasi sendiri.

Apa Itu Header Blog, Fungsi dan Contohnya?

Apa Itu Header Blog, Fungsi dan Contohnya?

Apa Itu Header Blog, Fungsi dan Contohnya?

Apa Itu Header Blog, Fungsi dan Contohnya?


Lalu bagaimana cara mengelola header tersebut dengan cerdik dari awal sampai akhir? Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini satu persatu:

Cara Membuat Meta Tag Blog yang SEO Friendly
Cara Cerdik Merancang Deskripsi Blog yang SEO Friendly
Cara Membuat Banner Header yang Memikat

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas