QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Memotong Tulisan buat Read More di Blog

: Senin, Mei 02, 2016

Cara Memotong Tulisan (Read More) pada Blog

Setelah anda pahami Apa Itu Read More dan juga Fungsi dari fitur Insert Jump Break pada form Entri Baru Blogger, sekarang mari kita praktekkan cara memotong tulisan dengan fitur read more tersebut. Berikut langkah detailnya.

Pertama silahkan anda buat dulu sebuah tulisan di Entri Baru dasbor Blog anda. Atau tulisan yang sudah ada, juga bisa. Anda tinggal edit tulisan atau postingan tersebut.

Cara Memotong Tulisan (Read More) pada Blog

Sebagai contoh anggaplah anda sudah punya sebuah tulisan seperti gambar diatas. Maka sekarang tentukanlah dimana posisi pemotongan yang anda inginkan. Atau tempat munculnya link Baca Selengkapnya. Lalu letakkan kursor di posisi tersebut dengan cara mengkliknya.


Cara Memotong Tulisan (Read More) pada Blog


Selanjutnya kliklah ikon Insert Jump Break seperti gambar diatas, sehingga pada body tulisan akan muncul tanda seperti gambar dibawah ini.


Cara Memotong Tulisan (Read More) pada Blog


Tampak ada garis putus-putus memanjang diatas garis tebal berwarna abu-abu. Itulah simbol bahwa body tulisan telah dipotong dan akan disisipkan link read more. Jika posisinya terlalu jarak, anda bisa atur dulu agar spasinya merapat sesuai keinginan anda. Setelah itu baru Publish postingan anda atau Perbarui jika yang anda lakukan pada postingan lama yang sebelumnya sudah terpublish.


Cara Memotong Tulisan (Read More) pada Blog


Sebagai contoh inilah hasilnya. Tampak pada gambar diatas sudah muncul link Baca selengkapnya (Pelajari: Cara Mengganti Baca Selengkapnya menjadi Read More). Jika link tersebut anda klik, maka body tulisan utuh baru ditampilkan. Contohnya seperti ini.


Cara Memotong Tulisan (Read More) pada Blog


Pada gambar diatas tampak tulisannya sudah tayang penuh. Paragraf pertama (no.1), adalah cuplikan yang sebelumnya tayang di halaman depan (home) blog. Sedang paragraf kedua (no.2) adalah sambungan tulisannya yang muncul setelah link read morenya diklik.

Nah jika sudah seperti ini tampilan tulisan anda, maka baru menarik jika di halaman depan blog anda, ditampilkan lebih dari 1 tulisan. Baru layak anda tampilkan 5 hingga 10 tulisan. Karena setiap tulisan, hanya ditayangkan cuplikan singkatnya. Caranya bisa anda ikuti pada halaman Cara Mengatur Jumlah Postingan Tampil pada Home Blog.

2 komentar

avatar

kalau saya lebih tertarik read more seperti blogernas dulu
span class="fullpost"> Artikel < /span >
jadi yang muncul judulnya saja. sama seperti blogernas part II ini

Balas Hapus
avatar

Ya ini kan untuk mereka yang baru belajar Rizal

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas