QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Halaman 404 Not Found pada Blog?

: Minggu, Mei 22, 2016

Pahami pengertian error kode 404 Not Found melalui ulasan dibawah ini agar anda tidak bingung lagi setiap menemukannya saat browsing. Begitu juga bagi anda sebagai Blogger

Apa Itu Error Kode 404 ?
Itu adalah kode status dari sistem HTTP, yang artinya halaman tidak ditemukan atau Page Not Found. Dalam sistem HTTP, sangat banyak kode seperti itu dengan angka yang berbeda. Dan setiap kode tersebut, punya arti. Semua itu sudah ditetapkan sebagai sebuah ketentuan dalam dunia web blog, yang ditetapkan secara resmi oleh konsorsium yang bernama W3C (World Wide Web Consortiun).

Jika ingin lebih detail, berikut tentang makna kode 404 secara teknis
Angka 4 yang pertama bermakna ada kesalahan dari pihak klien. Misalnya karena kesalahan pengetikan URL atau alamat sebuah halaman web atau blog. Artinya masalah pada broken link. Angka 0 berarti ada kesalahan dalam syntax umum terkait masalah error bahasa pengkodean. Sedang angka 4 yang terakhir, menandakan bad request alias permintaan yang tidak tepat dari pihak klien ke server.

Tapi anda jangan langsung percaya
Karena ada yang berpendapat bahwa detail teknis seperti itu hanya mengada-ada. Lalu menegaskan bahwa 404 itu hanya sebagai kode penanda saja untuk halaman yang tidak ditemukan. Sedang setiap angka tersebut, tidak mengandung arti apa-apa. Sama halnya dengan kode 200 untuk menandakan bahwa sebuah halaman, berhasil dibuka tanpa masalah.

Yang jelas, sekarang anda paham makna kode tersebut
Lalu disisi lain, sebagai Blogger, anda harus menyediakan halaman khusus untuk pemberitahuan akan hal ini. Karena begitulah ketentuannya. Dan ini, termasuk salah satu penilaian tambahan mesin pencari terhadap sebuah blog, apakah sudah menyediakan halaman 404 sebagai pengalihan dari broken link untuk blog sendiri atau belum. Ibaratnya, ini sebagai isyarat pada pengunjung, bahwa ada kesalahan yang terjadi. Bisa kesalahan itu karena mereka sendiri karena salah ketik alamat, atau karena si admin blog yang salah dalam membuat sebuah link. Istilahnya, pengunjung harus diberitahu akan hal ini dengan fair, sehingga mereka tidak lagi bingung kenapa hal itu terjadi.

Sebagai contoh dari halaman 404 Not Found bisa anda uji terhadap blog ini. Lakukan saja terhadap halaman postingan yang sedang terbuka ini. Caranya?

Sekarang lihat URL yang tertera pada kotak alamat Browser diatas. Akan anda temukan bahwa alamat tulisan ini adalah:

http://www.blogernas.com/2016/05/halaman-404-not-found-blog.html

Lalu sekarang ubah atau tambah satu karakter secara sembarangan pada alamat tersebut, sehingga URL dari halaman ini menjadi keliru. Misalnya menjadi seperti ini:

http://www.blogernas.com/2016/05/halaman-404-not-found-blo.html

(saya menghapus huruf g pada kata blog di bagian akhir alamat diatas)

Lalu setelah itu tekan enter. Maka halaman ini tidak akan bisa lagi dibuka. Anda justru akan diarahkan ke halaman redirect 404 not found, yang tampilannya adalah seperti ini:

Apa Itu Halaman 404 Not Found pada Blog?

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas