Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Fungsi Check Spelling pada Entri Baru Blogger

: Selasa, Mei 10, 2016

Fungsi Check Spelling pada Entri Baru Blogger

Jika anda cermati setiap fitur yang ada pada halaman Entri Baru Blogger, anda akan menemukan ada ikon dengan gambar font ABC lalu dibawahnya tanda centang berwarna hijau. Contohnya seperti ini:

Fungsi Check Spelling pada Entri Baru Blogger

Nah itulah yang disebut dengan fitur Check Spelling pada Blogger. Fungsinya adalah, untuk memeriksa, apakah ada kesalahan pada penulisan kata dan frasa saat menulis postingan di form Entri Baru. Tolok ukur yang digunakan fitur ini adalah standar bahasa baku sesuai bahasa yang kita gunakan. Jika bahasa yang anda gunakan adalah Bahasa Indonesia, maka yang menjadi standarnya adalah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Tapi secara default, bawaannya adalah menggunakan standar bahasa Inggris. Jadi fitur ini belum bisa anda gunakan untuk mengecek kesalahan kata pada blog dengan konten bahasa Indonesia. Kecuali jika anda sudah menambahkan plugin atau dictionary bahasa Indonesia pada Browser yang anda gunakan. Baik pada Mozilla Firefox, Chrome dan seterusnya. Caranya bisa anda pelajari disini: Cara Menambahkan Spelling Checker Bahasa Indonesia pada Blogger

Lalu apa contoh kesalahan penggunaan kata dan frasa yang dimaksud? Bisa dalam bentuk kesalahan penulisan ejaan, imbuhan, istilah dan masih banyak lagi. Sebagai contoh anda ingin menulis kata "rumah". Lalu karena buru-buru mengetik, maka yang tertulis tanpa anda sadari adalah "rummah" (double m), maka fitur ini akan langsung mendeteksinya tanpa anda sadari. Sama dengan saat anda mengetik di apkilasi Microsoft Word, yang saat mengetik, langsung muncul spelling dan grammer checkernya mengikuti setiap kata dan frasa yang anda ketik. Lalu tersedia beberapa alternatif penulisan yang benar berdasarkan kata yang anda ketik. Jadi dengan memanfaatkan fitur ini, anda akan dibantu secara otomatis mengetahui kesalahan ejaan dan penulisan kata demi kata tanpa harus mengeceknya satu demi satu. Efeknya nanti, tentu pengunjung yang membaca di blog anda, tidak merasa terganggu oleh banyak kesalahan penulisan kata yang luput dari pengetahuan anda. Sayang jika gagasan dan tutorial yang anda tulis sebenarnya penting, dibutuhkan dan sekaligus menarik, tapi karena terlalu banyak error spelling, pengunjung jadi jengkel lalu mereka meninggalkan blog anda.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitut Spelling Checker ini?
Silahkan lanjutkan disini: Cara Menggunakan Check Spelling pada Entri Baru Blogger.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas