QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Link, Fungsi dan Contohnya pada Blog?

: Jumat, Mei 20, 2016

Apa Itu Link, Fungsi dan Contohnya pada Blog

Pada aplikasi office dan grafis, link biasanya ditulis dengan hyperlink. Keduanya berasal dari bahasa Inggris dengan maksud yang sama. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah tautan, hubungan, relasi, sambungan, mata rantai atau sinomim lain dengan pengertian yang sama. Artinya ada 2 hal yang saling terkait dan saling mengikat.

Dalam konteks blogging,
Link artinya adalah tautan atau hubungan antar halaman. Suatu halaman blog, punya hubungan yang terkait dengan halaman lain. Sebuah postingan, menaut ke postingan lain. Sebuah komponen blog, widget dan panel, punya sambungan ke komponen lain. Jadi ada interkoneksi antar 2 bagian.

Apa Itu Link, Fungsi dan Contohnya pada Blog

Saluran atau pintu masuk dari link bisa ditandai dengan banyak cara. Misalnya dengan teks, tombol dan gambar. Jika kursor mouse menyentuh semua tanda ini biasanya pointer akan berubah menjadi gambar tangan atau sesuai gaya pointer tertentu yang diset secara khusus. Dan semua tanda tersebut saat disentuh pointer mouse, juga berubah warna, muncul garis bawah atau efek-efek tertentu. Semua ini sebagai penanda bagi pengunjung bahwa itu adalah sebuah link. Jika semua tanda tersebut diklik, maka pengunjung akan diarahkan ke halaman lain yang sebelumnya sudah diset melalui kode atau tag khusus dibalik tanda tersebut.

Lalu apa Fungsi link pada sebuah Blog?
Sangat banyak. Tapi yang paling umum adalah:

Pertama: Untuk mengarahkan pengunjung ke postingan tertentu yang berhubungan isinya dengan halaman yang sedang dibaca. Kedua, merekomendasikan pengunjung pada alamat web atau blog tertentu tanpa mereka harus bersusah payah mengetik alamat di adress box browser, atau tanpa harus repot lagi mencarinya melalui Google. Dan ketiga, untuk mengundang robot search engine agar juga merayapi halaman lain secara estafet dari halaman yang dirujuk. Bagian ini sangat penting untuk SEO blog.


Lalu seperti apa contohnya link tersebut?
Berikut bisa anda lihat sesuai tampilannya:


Contoh link dalam bentuk teks:

Tentang Saya


Contoh link dalam bentuk tombol:



Contoh link dalam bentuk gambar:

Apa Itu Link, Fungsi dan Contohnya pada Blog


Lalu yang menjadi pertanyaan bagi anda mungkin adalah: Bagaimana cara membuat link tersebut? Ikuti tutorialnya di Cara Membuat Link pada Postingan Blog.

Selanjutnya jangan lupa. Meski dieja sama, sama-sama LINK, tapi link tersebut juga banyak jenisnya. Simak selengkapnya di: Uraian Lengkap Jenis-jenis Link pada Blog dan Website

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas