Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Tag Embed dan Contohnya?

: Minggu, Mei 01, 2016

Apa Itu Tag Embed dan Contohnya?

Untuk memahami apa itu tag embed, mari kita mulai dari contoh.

Pernahkah terpikir oleh anda, sebuah video yang tayang di sebuah blog atau website? Atau di blog anda sendiri? Apakah file videonya benar-benar ada di halaman blog anda? Apakah benar benar videonya terletak di halaman postingan? Faktanya tidak. Yang ada, hanya sekumpulan kode atau bahasa pemrograman yang penulisannya seperti ini:

<iframe src="https://www.youtube.com/embed/EqJ5a7brP1w" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Lalu ketika semua script atau kode diatas dipublish di sebuah blog atau halaman web, maka hasilnya akan menjadi seperti ini:


Yang tampil gara gara script tersebut adalah sebuah Video. Padahal asalnya hanya sebuah kode. Bukan sebuah file video benaran. Tapi kenapa bisa menampilkan video? Nah itulah yang dimaksud dengan tag embed. Tag embed itulah yang memanggil file sebuah video yang terletak di sebuah server agar ditampilkan di halaman web atau blog. Isi embed itu adalah sebuah script. Sebuah kode khusus yang sudah ditetapkan oleh konsorsium W3C. Jika cara penulisannya tidak benar, maka browser tidak akan bisa menayangkan video atau lagunya.

Jadi kesimpulannya apa itu Tag Embed?
Gamblangnya adalah sekumpulan script HTML yang berfungsi untuk memanggil atau menayangkan konten multimedia seperti video, musik, lagu dan sejenisnya di halaman web atau blog.

Lalu dimana dan bagaimana cara untuk mendapatkan embed tersebut? Simak salah satu contohnya disini: Cara Mendapatkan Embed Video YouTube.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas