QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Internal Link dan External Link pada Blog?

: Sabtu, Mei 21, 2016

Apa Itu Internal Link dan External Link pada Blog?

Setelah anda pahami pengertian Apa Itu Link secara umum, sekarang mari kita lanjutkan memahami 2 jenis link yang paling populer dalam dunia web dan blog, yaitu Internal Link dan External Link.

Apa itu Internal Link?
Gamblangnya adalah link yang berputar-putar dalam tubuh blog anda sendiri. Baik link antar halaman depan (home-beranda) dengan halaman postingan, maupun link yang menghubungkan antar sesama postingan.

Contohnya pada blog ini.
Silahkan anda lihat pada bar navigasi yang terdapat dibawah header. Disitu ada kata Tentang. Itu adalah sebuah link, yang jika anda klik, anda akan dibawa ke halaman Tentang saya dan tentang blog ini. Sedang link tersebut berada di halaman depan. Tapi arahnya menuju ke halaman tulisan yang berjudul Tentang. Maka itu disebut dengan internal link. Kemudian anda juga bisa lihat pada kalimat pertama postingan ini. Ada link Apa Itu Link. Jika anda kllik, maka anda akan dibawa ke postingan dengan judul Apa Itu Link dan Contohnya pada Blog. Nah link tersebut, berada pada postingan ini. Sedang halaman yang dituju, adalah postingan lain yang berjudul Apa Itu Link dan Contohnya pada Blog. Jadi linknya antar postingan yang terdapat pada blog ini juga. Bukan keluar. Hanya berputar-putar dalam blog sendiri.

Apa Itu Internal Link dan External Link pada Blog?


Selanjutnya apa pula itu External Link?
Ini kebalikan dari Internal Link, yaitu link dari blog anda yang mengarah ke blog lain diluar blog anda. Baik dari halaman home maupun halaman postingan, menuju ke halaman home atau halaman postingan blog lain.

Contohnya pada blog ini.
Coba anda lihat ada tombol DMCA_PROTECTED. Jika tombol itu anda klik, maka anda akan dibawa ke situs resmi DMCA. Artinya pada tombol tersebut, terdapat link menuju ke halaman lain diluar blog ini. Begitu juga seandainya pada sebuah psotingan, terdapat link yang mengarah ke blog lain. Contohnya tulisan DMCA ini (silahkan anda klik). Juga mengarah keluar. Tapi link ini berada pada halaman postingan ini. Singkatnya, external link adalah link keluar.

Apa Itu Internal Link dan External Link pada Blog?

Selanjutnya apa pula itu Inbound Link dan Outbound Link? Mari kita lanjutkan pada halaman Apa Itu Inbound Link dan Outbound Link.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas