Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Backlink dan Fungsinya untuk Blog?

: Minggu, Mei 22, 2016

Apa Itu Backlink dan Fungsinya untuk Blog?

Backlink termasuk salah satu jenis link diantara banyak jenis link lainnya (Baca: Daftar Lengkap Jenis-jenis Link). Dan backlink termasuk jenis link yang paling diimpikan oleh para Blogger. Kenapa?

Mari kita mulai

Apa itu Backlink?
Gamblangnya adalah link balik. Link dari blog atau situs lain yang mengarah ke blog anda. Ada link yang terdapat pada blog lain, baik yang letaknya di halaman Home, di halaman postingan, atau pada Komentar, yang apa bila diklik, pengunjung akan diarahkan ke blog anda. Artinya backlink ini adalah rujukan dari blog lain terhadap blog anda. Sama dengan saat anda bertanya pada si A tentang dimana sebaiknya anda belajar blog secara online. Lalu si A menjawab: "Kalau mau belajar blogging, yang paling bagus ya di blogernas". Maka akibatnya anda langsung mencari blog ini di Google. Nah apa yang dikatakan oleh si A, adalah sebuah rujukan. Sebuah rekomendasi. Dan akibat dari rekomendasi itu, anda jadi tergerak untuk membuka blog ini.

Tapi jangan lupa,
Tidak semua backlink yang mengarah ke blog anda berkualitas. Karena bisa saja yang merekomendasikan blog anda, adalah blog yang tidak berkualitas. Misalnya blog tersebut masih baru, atau sudah lama tapi reputasinya masih rendah. Ini sama dengan ketika anda bertanya pada seorang anak kecil tentang sesuatu. Maka jawabannya tentu saja nilainya jauh lebih rendah ketimbang yang menjawab pertanyaan anda adalah seorang ahli. Nah karena itu pastikan juga jika anda ingin mendapatkan backlink yang bernilai, pastikan yang memberinya adalah blog atau situs yang sudah berkualitas. Maka baru backlink itu memberi dampak pada blog anda. Misalnya terhadap SEO blog anda. Atau terhadap aliran pengunjung kiriman untuk blog anda dari blog tersebut.

Nah inilah fungsi dari backlink terhadap blog anda, yaitu untuk memberi nilai tambah. Sebagai salah satu item untuk menaikkan peringkat dimata mesin pencari. Dan sekaligus memberi aliran pengunjung kiriman.

Tapi meski demikian, anda jangan keterlaluan
Misalnya backlink itu sengaja anda cari dan kumpulkan dari mana-mana seperti orang lapar. Alih alih backlink seperti itu akan menambah nilai pada blog anda, justru semua link balik itu akan dinilai sebagai spam oleh robot mesin pencari, misalnya oleh robot Google. Hasil akhirnya, SEO blog anda malah menurun dan kemampuannya bersaing di halaman penelusuran, menjadi lemah.

Jadi,
Pastikan setiap backlink yang anda dapatkan, bersifat natural. Terjadi secara alami. Bukan karena anda paksakan. Misalnya dengan sibuk memburu backlink dari situs jejaring sosial, situs sosial bookmarking, directory dan seterusnya. Atau sibuk menulis komentar dengan tujuan untuk meninggalkan link. Termasuk dengan cara tukar link. Semua itu, tidak bernilai.Yang bernilai adalah, orang lain yang ingin mencantumkan linknya secara sukarela di blog mereka. Dan backlink tersebut, juga relevan dari dengan konten blog anda.

Satu backlink natural,
Jauh lebih berharga dari 1000 backlink yang diburu dengan sengaja melebihi dosis.

Lalu apalagi yang harus anda ketahui tentang hal ini? Pahami Perbedaan One Way Link dengan Two Link dari Backlink

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas