Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Perbedaan Mode Compose dengan HTML di Entri Blogger

: Rabu, April 20, 2016

Jika anda baru belajar blog, terutama yang menggunakan platform Blogger, bisa jadi anda masih bingung akan hal ini. Ada mode Compose dan juga ada mode HTML. Kedua fitur ini akan selalu terlihat setiap anda akan menulis entri baru atau edit entri di dasbor blogger. Secara default, tanpa anda sadari, setiap anda posting, selalu menggunakan mode compose. Bukan mode HTML.

Perbedaan Mode Compose dengan HTML Entri Blogger


Lalu apa perbedaan diantara keduanya?

Mode Compose,

Artinya adalah user interface berbasis WYSIWYG (What You See Is What You Get), yang artinya: “apa yang anda Lihat Itu yang anda dapatkan”. Istilah lainnya adalah mode preview. Setiap anda menginput dan mengedit suatu data, tampilannya persis seperti yang anda masukan. Jika anda mengetik huruf tebal, maka yang tampil, juga huruf tebal. Jika anda memilih warna merah, maka yang tampil, juga warna merah. Begitulah seterusnya untuk data dan bentuk lainnya. Contohnya seperti ini.

Perbedaan Mode Compose dengan HTML Entri Blogger

No.1 adalah tombol untuk memilih mode Compose. No.2 adalah fitur-fitur siap pakai dari mode compose. No.3 adalah tampilan data saat bekerja menggunakan mode compose. Tampak tampilannya langsung muncul sesuai yang diharapkan. Huruf tebal yang diketikkan, langsung tampil dengan huruf tebal. Begitu juga dengan warna merah, langsung tampak begitu dipilih warna merah. Itulah yang membedakannya dengan mode HTML.

Mode HTML,
Artinya adalah user interface berbasis text atau script. Ini kebalikan dari mode compose atau WYSIWYG. Tampilan yang anda inginkan, akan muncul hanya bila menggunakan perintah atau script tertentu. Istilahnya, anda harus menggunakan bahasa kode. Misalnya anda ingin menampilkan huruf tebal. Maka anda harus menggunakan kode tertentu agar itu bisa terjadi. Karena fitur untuk menampilkannya yang siap pakai, tidak ada. Begitu juga dengan warna, tidak ada fitur atau menu warna. Anda harus menggunakan bahasa kode tertentu untuk menampilkannya. Contohnya seperti ini.


Perbedaan Mode Compose dengan HTML Entri Blogger


No.1 adalah tombol untuk memilih mode editor HTML. No.2 adalah fitur-fitur yang tersedia pada mode HTML. No.3 adalah tampilan data saat bekerja menggunakan mode HTML. Tampak tampilannya tidak langsung muncul sesuai yang diharapkan. Untuk menampilkan huruf tebal sebuah kata diapit oleh kode <b> pembuka dengan kode </b> penutup. Begitu juga dengan warna merah yang dinginkan, untuk menampilkannya menggunakan kode: <span style=”color:red;”>. Tanpa semua kode tersebut, maka teks yang diketikkan tidak akan bisa berubah tampilannya. Istilahnya, mode HTML merupakan halaman kerja untuk menggunakan bahasa pemrograman. Dalam dunia blogging, disebut dengan istilah coding. Sama dengan halaman kerja software editor web seperti Notepad dan Dreamweaver. Bedanya software tersebut bersifat offline kalau disini bersifat online.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahasa pemrograman tersebut? Tepatnya kode apa yang harus kita gunakan untuk menampilkan bentuk dan warna tertentu yang kita inginkan? Maka disinilah pentingnya memahami TAG HTML. Selengkapnya tentang hal ini bisa anda pelajari di Apa Itu TAG HTML dan Fungsinya untuk Blog.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas