QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Nama File Gambar yang SEO Friendly untuk Blog

: Senin, April 25, 2016

Mungkin selama ini anda mengira, bahwa nama setiap file gambar yang ada di blog anda, tidak perlu dihiraukan. Karena tidak ada pengaruh apa-apa terhadap blog, yang penting gambarnya tayang di halaman postingan dan sebagainya. Soal nama file, bisa apa saja. Mau nama bawaan dari hasil jepretan kamera, nama default dari sistem aplikasi pengolah gambar, tidak masalah.

Tapi jangan lupa
Nama file ikut mempengaruhi nilai SEO Gambar. Ikut menentukan sekian persen untuk peringkatnya saat bersaing di halaman pencarian image situs pencari. Sebutlah misalnya di Google Image. Termasuk cara penulisan nama filenya, juga ikut mempengaruhi.

Nama File Gambar yang SEO Friendly untuk Blog

Lantas seperti apa cara penulisan dan nama filenya yang bernilai SEO?

Pertama: Sesuaikan aturan penulisan.
Prinsipnya adalah jangan ada spasi. Karena begitulah algoritma browser dan robot dalam merayapi sebuah file dan halaman. Nama atau id sebuah file yang ditulis tanpa spasi, lebih cepat dibaca dan dirayapi. Jika terdiri dari beberapa suku kata, maka pisahkan dengan tanda strip (-). Contoh:

Umumnya awam menulis nama sebuah file adalah seperti ini:
  • Gambar SEO
  • contoh gambar seo

Maka gantilah menjadi seperti ini:
  • gambar-seo
  • contoh-gambar-seo
Kedua: Sesuaikan dengan kata kunci Title Postingan
Misalnya judul tulisan anda adalah: Nama File Gambar yang SEO Friendly untuk Blog. Maka jangan menulis nama filenya hanya dengan nama blog anda. Atau kata lain yang tidak ada hubungannya dengan title postingan. Apalagi membiarkannya dengan nama default dari sistem aplikasi tertentu seperti img01, img02 dan seterusnya. Atau DCM01, DCM02 dan seterusnya. Sesuai contoh ini, maka tulislah nama filenya misalnya dengan: nama-file-gambar-seo-friendly-blog. Catatan tambahan, kata penghubung yang tidak bernilai SEO seperti "dan", "akan", "pada", "yang" dan sejesnisnya tidak perlu ditulis. Karena kata penghubung seperti itu akan diabaikan oleh mesin pencari.

Nah lebih kurang begitulah cara menulis nama file untuk gambar anda agar bernilai SEO. Baik saat baru membuat file, maupun saat anda merenamenya. Selanjutnya anda sudah bisa masuk ke kelas yang lebih tinggi, yaitu Cara Menambahkan Alt Tag dan Alt Title pada Gambar Blog.

2 komentar

avatar

gara2 anda saya jadi pinter ini, sampeyan mengulas blog secara lengkap dan detail. kalau saya buat artikel Insya Allah kelas blog saya 1 level dbwah sampeyan ya hehehe, ngarep... karena hampir ratusan blog saya telusuri bekum ada ulasan lengkap seperti blog anda, sampai warna aja ada di blog anda hehehe

Balas Hapus
avatar

hahaha ..... makasi pengakuan dan apresiasinya Angles

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas