QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Menguji SEO Gambar di Google Image

: Minggu, April 24, 2016

SEO gambar ini umumnya diabaikan oleh para Blogger. Padahal jika dikelola dengan cerdik, peluang traffic dari Google Image dan mesin pencari lainnya, tidak bisa dianggap enteng. Apalagi jika blog anda kontennya adalah dalam bentuk wallpaper, tutorial segala sesuatu, desain, dan seterusnya yang sifatnya visual graphic. 10 persen saja ceruk ini bisa anda dapatkan, itu sudah signifikant untuk pertambahan pengunjung yang bersifat organik.

Jadi, jangan anggap enteng kekuatan SEO gambar blog anda. Kecuali jika anda blogging hanya untuk main-main alias tidak ingin berprestasi dan mengeruk keuntungan secara finansial (monetizing).

Cara Menguji SEO Gambar di Google Image

Lalu bagaimana cara untuk menggenjot peringkat gambar anda di mesin pencari? Silahkan keluar dari halaman ini dan terbang menuju halaman: Cara Cerdik Mendongkrak SEO Gambar pada Blog. Tapi sebelumnya, ikuti dulu beberapa pesan dibawah ini.

Sekarang bagaimana cara menguji kekuatan SEO blog anda di Google Image?

Carilah salah satu postingan yang ada gambarnya di blog anda. Kemudian, coba searching dengan judul tersebut di Google Image. Contohnya seperti ini:

Cara Menguji SEO Gambar di Google Image

Pada gambar diatas saya searching menggunakan kata kunci fungsi alt tag dan title pada gambar blog. Tampak salah salah satu gambar pada postingan tersebut muncul di nomor urut 1 halaman 1 Google Image. Lalu pada status bar gambar diatas (yang berwarna hitam), tertulis 1 hari yang lalu. Artinya gambar ini baru dipublish 1 hari yang lalu. Untuk memastikan apakah benar gambar tersebut berada di blog ini, maka saya dekatkan kursor tanpa mengkliknya. Hasilnya seperti ini.

Cara Menguji SEO Gambar di Google Image


Ternyata benar, di status barnya, tertulis blogernas.com alias memang gambar yang ada pada postingan blog ini. Artinya apa? Gambar tersebut begitu cepat terindeks di Google Image. Bahkan peringkatnya pun juga sudah kuat. Terbukti ketika kata kuncinya saya singkat, tetap muncul di halaman pertama walaupun bukan di nomor urut 1.

Nah sekarang lakukanlah hal ini terhadap blog anda. Ujilah setiap postingan yang ada di blog anda. Apakah SEO gambarnya sudah kuat atau belum. Atau jangan-jangan, belum dan tidak terindeks sama sekali, walaupun anda sudah mencarinya sampai ke halaman ke-10.

Lakukanlah pengujian dengan berbagai cara. Mulailah dengan long tail keyword. Jika muncul, secara bertahap, coba ringkas kata kuncinya, sampai akhirnya dengan hanya 1 kata kunci. Tapi jika dengan keyword judul tidak muncul, maka gunakan URL postingan dimana gambar itu berada. Ini adalah untuk SEO yang paling lemah. Begitulah cara menguji kekuatan SEO gambar yang ada di blog anda. Cara ini juga bisa anda lakukan pada semua mesin pencari, misalnya di Yahoo Image dan Bing Image.

Lantas bagaimana cara mendongkrak SEO gambar anda agar cepat terindeks bahkan bisa merajalela secara kurang ajar di halaman pencarian Google Image? Silahkan kembali keatas. Linknya sudah saya sisipkan diawal tulisan ini.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas