QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Mengetahui Alt Tag dan Title suatu Gambar

: Sabtu, April 23, 2016

Ada 2 manfaat dari tutorial ini: Pertama untuk menguji apakah alt tag dan title tag yang sudah anda tambahkan pada gambar di blog anda, sudah bekerja atau belum. Dan kedua, sekaligus untuk mengetahui apakah setiap gambar pada suatu blog sudah mengandung alt tag dan title tag.

Cara Mengetahui Alt Tag dan Title Suatu Gambar

Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Gampang!

Sekarang carilah sebuah gambar yang baru saja anda pasang kedua tag tersebut di blog anda. Atau sebuah gambar yang tampil pada sebuah blog. Kemudian ujilah dengan cara ini:

Pertama menguji Alt Tag:

Reloadlah halaman yang ada gambar tersebut. Kemudian cermati sebelum gambar tersebut terbuka dengan sempurna. Biasanya sangat kentara saat loading sebuah blog lelet. Baik lelet karena jaringan anda sendiri maupun lelet karena loading blog itu sendiri yang lambat. Biasanya akan muncul sebuah teks tepat di siluet gambar tersebut. Contohnya seperti ini:

Cara Mengetahui Alt Tag dan Title Suatu Gambar
Cara Mengetahui Alt Tag dan Title suatu Gambar

Meski gambarnya belum muncul karena browser belum berhasil meloadingnya dengan sempurna, tapi didalam bidang berwarna abu-abu diatas tampak ada tulisan: Cara Mengetahui Alt Tag dan Title Suatu Gambar. Nah itulah alt tagnya.

Kedua menguji Title Tag:

Carilah sebuah gambar di sebuah halaman web atau blog. Kemudian dekatkan kursor ke gambar tersebut tanpa mengkliknya. Tunggu sesaat. Cermati apakah muncul balon title seperti dibawah ini:

Cara Mengetahui Alt Tag dan Title Suatu Gambar

Lihat dekat kursor pada gambar diatas. Ada sebuah tampilan seperti tombol berwarna abu-abu dengan teks: "Cara Mengetahui Alt Tag dan Title Suatu Gambar". Nah itulah title tag gambar diatas. Dan begitulah cara menguji setiap gambar yang tayang di halaman sebuah web atau blog. Jika titlenya memang ada, maka balon teks seperti itu akan muncul. Tapi jika tidak, berapapun lamanya kursor anda dekatkan dan hingga berkali-kali, maka titlenya tidak akan muncul. Begitu juga jika cara penulisan title tagnya tidak benar, juga tidak akan muncul meski kursor sudah menyentuh gambar. Karena itu pastikan cara menulisnya sudah benar. Caranya bisa anda pelajari disini: Cara Menambahkan Title Tag pada Gambar di Blog.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas