QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Fungsi Alt Tag dan Title Gambar pada Blog

: Minggu, April 24, 2016

Fungsi Alt Tag dan Alt Title pada gambar ini biasanya belum dipahami oleh Blogger pemula dan sering diabaikan oleh Blogger yang sudah lama blogging. Karena itu sebaiknya baca dulu Apa Itu Alt Tag dan Title Tag Gambar, agar keluguan atau kebingungan anda bisa berakhir.

Jadi apa fungsi dari kedua mahkluk yang bernama Alt Tag dan Title Tag ini pada gambar yang ada di blog anda? Yang perlu anda ingat adalah, robot mesin pencari (Google, Yahoo, Bing dan seterusnya), tidak bisa membaca sebuah gambar. Yang bisa mereka baca, hanya teks. Sedang untuk mendongkrak SEO sebuah blog, diperlukan banyak teks pada halaman demi halamannya. Semakin banyak teks yang terkandung pada sebuah blog, maka semakin besar peluang peforma dan peringkatnya menguat di mesin pencari. Baik di mesin telusur kategori web, maupun di mesin telusur kategori image. Misalya di Google Image, Yahoo Image dan Bing Image.

Fungsi Alt Tag dan Title Gambar pada Blog

Lalu apa resikonya jika gambar yang ada di blog anda tidak mengandung alt tag dan title tag? Akibatnya tentu saja gambar tersebut tidak terbaca oleh robot mesin pencari alias diabaikan. Artinya gambar tersebut, tidak dicrawling atau tidak dirayapi oleh robot. Efek lanjutnya gambar tersebut akan kalah bersaing di halaman pencarian Google Image. Akan sulit mendapatkan aliran pengunjung yang sengaja mencari gambar disana.

Masih bingung?
Jika masih, mari kita lihat contoh dibawah ini:

Fungsi Alt Tag dan Title Gambar pada Blog

Pada gambar diatas saya coba searching di Google Image dengan kata kunci Cara Menambahkan Alt Tag & Title Gambar pada Blog, lalu saya melihat ada gambar blog ini yang muncul, yaitu pada urutan pertama. Kemudian saya klik gambar tersebut.

Fungsi Alt Tag dan Title Gambar pada Blog

Ternyata disebelah kanan gambar, adalah data dan link yang berasal dari blog ini. Jika link itu diklik, maka yang akan terbuka adalah blog ini, yaitu pada halaman postingan sesuai judulnya. Artinya apa? Jika ada pengunjung yang mencari sebuah gambar, atau masuk melalui gambar di halaman Google Image, maka blog ini berpeluang mendapatkan kunjungan.

Tapi jangan lupa, jika SEO gambar sebuah blog lemah, maka peluang traffic seperti ini akan sulit diraih. Lalu bagaimana cara mendongkrak SEO gambar agar celah seperti ini bisa ditembak? Maka disinilah pentingnya Menambahkan Alt Tag dan Alt Title pada gambar yang ada di blog. Jadi lebih kurang itulah fungsinya. Untuk mendongkrak peringkat blog di halaman pencarian gambar.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas