QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Tag HTML dan Fungsinya untuk Blog?

: Rabu, April 20, 2016

Sebagai Blogger, anda wajib tahu apa itu tag html dan fungsinya terhadap blog anda sendiri. Jika tidak, anda tidak akan berprestasi dalam dunia blogging hingga akhirnya bisa mati sebelum berkembang

Secara gamblang, tag itu artinya penanda. Yaitu untuk menandai suatu elemen atau bagian dari script HTML agar bekerja sesuai fungsinya. Misalnya anda ingin membuat huruf tebal, miring, paragraf dan seterusnya. Maka agar hal itu bisa terjadi, anda perlu memberitahukannya pada browser, bahwa bagian tersebut anda perintahkan agar ditampilkan menjadi huruf tebal, huruf miring atau menjadi sebuah paragraf. Nah perintah untuk itu menggunakan cara penulisan tetentu. Cara penulisan yang digunakan itulah yang disebut denga tag. Atau sebuah tanda, dimana tanda itu sudah ditetapkan secara resmi sebagai standar baku dalam penulisan HTML.


Apa Itu Tag HTML dan Fungsinya untuk Blog


Lalu apa efeknya jika anda tidak menuliskan tanda (tag) tersebut?
Tentu saja teks yang anda tulis, tidak akan pernah bisa dikelola. Tidak ada huruf tebal, tidak ada huruf miring, tidak ada paragraf, bahkan tidak ada baris baru setelah titik. Dan banyak hal lainnya terkait dengan pengaturan tampilan sebuah tulisan. Semuanya akan menumpuk tanpa layout yang jelas. Bahkan lebih dari itu, blog anda bisa tidak tampil sama sekali jika tag tertentu dihilangkan dari blog anda.

Jadi apa fungsi tag tersebut pada sebuah blog?

Pertama untuk desain tampilan. Dengan menggunakan tag tertentu, maka tampilan blog anda bisa dibuat tertata dan menarik. Jika itu halaman postingan, maka tulisan anda, akan tampak rapi dan dinamis dengan efek-efek tertentu. Jika itu terjadi pada sidebar dan widget, efeknya untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi blog anda. Hasil akhirnya, semua itu membuat pengunjung menjadi betah di blog anda. Karena apa yang mereka cari dan baca, sudah terpampang dengan jelas dan menarik.

Lalu apa saja tag tag yang terkait dengan desain tampilan ini? Selengkapnya bisa anda baca di Daftar Lengkap TAG HTML

Kedua untuk SEO. Ini sangat penting. Ingatlah saat anda main main di Facebook. Tiba-tiba anda melihat sebuah pemberitahuan bahwa ada yang melike status anda. Atau mengomentari thread anda. Maka anda akan buru-buru mengklik link notifikasi tersebut dan browser akan langsung mengantarkan anda ke lokasi dimana itu terjadi. Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mencari lokasinya secara manual. Atau yang lebih fatal, tanpa ditag oleh seseorang, anda bisa jadi tidak akan tahu apakah nama anda ditulis atau tidak oleh Facebooker lain.

Nah begitu juga dengan pengaruh tag untuk SEO. Robot mesin pencari, akan lebih cepat merayapi bagian tertentu dari blog anda dengan menggunakan tag-tag tertentu, dimana tag itu juga sudah ada standar penulisannya sesuai algoritma mesin pencari. Contohnya meta tag, tag heading dan seterusnya. Selengkapnya tentang hal ini bisa anda baca di: Daftar Lengkap TAG HTML

Lalu setelah anda pahami pengertian tag dengan fungsinya, maka selanjutnya yang wajib anda pahami adalah Bagaimana Cara Penulisan Tag HTML itu sendiri di Blog anda.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas