QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Background Image Transparant dan Contohnya?

: Rabu, April 06, 2016

Dari pada tidak pernah memahaminya secara tepat, lebih baik anda baca ulasan tentang apa itu background image transparant lengkap dengan Contohnya dibawah ini.

Apapun objek yang anda buat dengan program grafis, baik berupa teks maupun gambar, baik dengan menggunakan Freehand, Corel, Adobe Photoshop maupun dengan Adobe Illustrator, secara default akan selalu ada bidang latar di belakangnya. Ada bidang kotak mengikuti pinggir luar dari siluetnya. Warna latar belakang tersebut biasanya putih. Kecuali halaman kerjanya dari awal sudah anda set dengan warna lain. Skemanya lebih kurang seperti ini:


Apa Itu Background Image Transparant dan Contohnya?

Pada contoh ini saya merancang sebuah logo teks untuk blog ini. Tanpa saya buat sebuah bidang di belakangnya. Tapi tanpa saya sadari, jika dilihat kerangka kerjanya dibalik layar ternyata tetap ada bidang latar yang mengikuti pinggir luarnya. Seakan ada bidang kotak mengelilingi teks blogernas diatas. Ada background di belakangnya. Jika logo teks diatas saya beri warna, lalu kemudian logo tersebut saya tampilkan di aplikasi lain, misalnya saya copykan ke halaman Office, atau ke internet di halaman sebuah situs, terutama ke blog, maka tampilannya akan tampak seperti ini.


Apa Itu Background Image Transparant dan Contohnya?

Nah, dari sisi estetika, dari sisi nilai keindahan, penampilan logo teks diatas menjadi kurang menarik. Karena selalu ada bidang putih mengikutinya kemanapun logo atau image tersebut ditempelkan. Atau terkesan, logonya menjadi tidak proffesional, seakan gambarnya adalah hasil copas dari tempat lain. Seakan bukan dirancang khusus secara original sesuai space yang dihuninya.

Karena itulah tampilan bidang putih tersebut, dihilangkan. Bidang latar tersebut sesungguhnya tetap ada, tapi warnanya diubah menjadi bening. Menjadi tembus pandang. Ibaratnya, seakan teks tersebut ditempelkan pada sebuah kaca seukuran siluetnya. Sehingga kemana pun image itu ditempelkan, tidak akan muncul lagi kotak putih tersebut. Yang muncul, hanya teks logonya saja. Contohnya seperti ini:


Apa Itu Background Image Transparant dan Contohnya?

Anda bisa cermati perbedaannya pada 2 gambar diatas


Sekarang mari kita kembali ke judul. Jadi kesimpulannya apa itu background image transparant? Tentu anda sudah bisa menyimpulkannya sendiri bukan? Kecuali jika anda goblok.

Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah, bagaimana cara menjadikan logo atau apapun gambar yang anda buat, latarnya bisa menjadi transparant seperti diatas? Silahkan tinggalkan halaman ini dan pindah ke ruangan ini: Cara Membuat Background Logo Transparant dengan Freehand MX

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas