Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Uraian Lengkap Jenis-jenis Website

: Selasa, Maret 01, 2016

Tulisan ini berisi uraian lengkap tentang jenis-jenis Website dengan contohnya. Referensi wajib bagi mereka yang sering mengelola web dan blog. Bahkan juga bagi para penggila online.

Postingan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya yang mengulas tentang Apa itu Website dan Jenisnya. Karena tulisan tersebut sudah terlalu panjang, maka kelanjutan uraian tentang jenis Website bagian akhir, sengaja dialihkan ke halaman ini.

Ketiga dari sisi tujuan penggunaanya
Yaitu web yang dikelompokkan berdasarkan untuk apa penggunaannya. Jenis website seperti ini, terus berkembang jumlahnya dari waktu ke waktu, sejalan dengan perkembangan dan inovasi kebudayaan manusia itu sendiri. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa jenis terkait yang paling menonjol diantara sekian banyak jumlahnya yang tersebar di internet

1. Website Mesin Pencari (Search Engine)

Yaitu web yang digunakan sebagai mesin telusur. Mesin telusur maksudnya adalah alat untuk menemukan konten atau tulisan yang diinginkan oleh para pengguna berdasarkan kata kunci tertentu dalam hitungan detik, yang semua itu, tersebar dalam banyak situs dan blog, yang jumlahnya sudah mencapai puluhan juta di internet. Tapi dengan adanya mesin pencari, semua itu bisa didapatkan dalam sekejap. Web search engine ini isinya adalah berupa database dan index dari website dan blog yang ada di internet. Sama seperti sebuah perpustakaan besar, isinya berupa indeks melalui kumpulan katalog. Contoh dari web jenis ini adalah Google, Yahoo, Bing, yandex, AltaVista dan masih banyak lagi.

2. Website Archive

Yaitu web yang digunakan untuk menyimpan rekaman perjalanan banyak situs dari waktu ke waktu. Isinya, hanya berupa cuplikan dari halaman-halaman web yang ada di internet. Jika ingin melihat detailnya, pengguna akan diarahkan langsung ke web resminya. Web Archive ini ibaratnya adalah gudang arsip tempat penyimpanan memoar situs-situs yang ada di internet. Contoh web portal yang paling besar sejauh ini adalah Internet Archive yang alamatnya di https://archive.org

3. Website Portal

Yaitu web yang digunakan untuk menyediakan berbagai jenis layanan bagi pengguna. Misalnya layanan informasi, layanan email, layanan transaksi, layanan untuk saling interaksi seperti chatting, polling, komentar dan masih banyak lagi. Artinya Web Portal, merupakan jenis web yang merangkum banyak layanan dari berbagai spesifikasi konten web yang masing-masing saling terpisah, menjadi satu pengelolaan pada sebuah web khusus. Ibaratnya, Web portal adalah web provinsi yang menampung berbagai kotamadya dan kabupaten. Didalamnya, sudah terangkum berbagai jenis aplikasi web. Web jenis ini bisa bersifat tertutup untuk komunitas atau keanggotaan tertentu, seperti web posrtal isntitusi tertentu, web portal pendidikan, web portal edukasi, dan masih banyak lagi. Kemudian ada juga yang terbuka untuk umum. Contohnya adalah Yahoo!, MSN, iGoogle, Excite.com, MIVO.TV, Indofreechat, Paseban, dan masih banyak lagi.

4. Website Wiki

Yaitu web yang fungsinya menampung beragam informasi yang bersifat ensiklopedis. Para membernya dibolehkan saling menambah entri baru dan sekaligus mengedit setiap post yang sudah ada, dengan dasar pertimbangan dan referensi yang bisa dipertanggungjawabkan secara akademis. Web Wiki biasanya lebih mengarah pada konten Ilmu Pengetahuan. Karena itulah Web Wiki, juga dikenal sebagai situs referensi. Sebuah ensilopedi online bagi warga maya. Contoh web jenis ini yang terbesar sejauh ini adalah Wikipedia.

5. Website Sosial Media/Networking

Yaitu web yang fungsinya adalah untuk menjalin hubungan pertemanan sosial antara sesama member secara online. Mereka dapat saling berbagi informasi, tips, gambar, animasi, audio dan video. Sistem web jenis ini, memudahkan sesama anggotanya untuk saling terhung dengan segala aktivitas onlinenya pada situs yang sama. Contoh website yang paling fenomenal jenis ini adalah Facebook. Kemudian disusul oleh Twitter, Google Plus, Linkedin, dan masih banyak lagi.

6. Website Sosial Bookmarking

Yaitu web yang tujuannya menampung semacam katalog online dari beragam konten yang terdapat pada situs dan blog yang tersebar di internet. Isinya biasanya berupa cuplikan dari beragam artikel atau postingan, yang jika diklik, pengunjung akan diarahkan langsung ke situs resminya untuk membaca postnya secara utuh. Para member dari web jenis ini, dibolehkan menambahkan cuplikan halaman sebuah web/blog lengkap dengan linknya. Artinya web kategori ini, lebih berfungsi sebagai wadah promosi situs ketimbang memuat informasi sungguhan seperti web berita. Contoh dari web sosial bookmarking ini adalah Digg, Stumbleupon, Blog Catalog, Technorati, Lintas Me dan masih banyak lagi.

7. Website Forum

Yaitu web yang tujuannya sebagai wadah untuk saling berbagi, diskusi bahkan debat secara online. Untuk bisa melakukannya, para pengunjung harus mendaftar sebagai member. Isi dari web forum ini adalah berupa artikel atau prawacana lalu diikuti dengan floor diskusi dibawahnya. Web Forum ini sangat pesat perkembangannya dimana-mana, baik di dunia maupun di Indonesia. Contoh web forum yang populer di Indonesia adalah Kaskus, Forum Tempo, Forum Detik, Kompasiana dan seterusnya.

8. Website Media Sharing

Yaitu web yang menyediakan layanan untuk saling berbagi file. Filenya bisa dalam bentuk gambar, ebook, software, audio dan video. Para pengguna dibolehkan untuk mengupload filenya ke hosting web ini lalu dibagikan untuk publik, sehingga siapapun bisa mengakses bahkan sekaligus mendownloadnya secara gratis. Contoh dari web sharing ini adalah Youtube (sharing video), Flickr dan Imageshack (sharing foto), 4Shared dan Mediafire (sharing file audio dan software), dan masih banyak lagi.

9. Website News (Berita)

Yaitu web yang isinya dalah berupa berita, sama seperti layaknya koran, tabloid, majalah di dunia offline. Baik layout tampilan, siapa yang mengisinya, juga sama. Bedanya disini hanya ditayang dan dibaca secara online. Contohnya adalah Yahoo News, Detik.com, Kompas.com, Republika.com, Tempo.co, Tribun News dan masih lagi.

10. Website Portal Bisnis

Yaitu web yang fungsinya sebagai wadah promosi produk dari berbagai pengguna secara terbuka. Para membernya bebas untuk memasarkan produknya sendiri. Isi web ini adalah portofolio dari produk-produk. Misalnya foto produk, spesifikasi, harga, alamat dan nomor telepon penjual dan seterusnya. Jika pengunjung berminat, maka mereka akan langsung menghubungi pemilik produknya. Contoh web jenis ini adalah Olx, Lazada, Tokopedia dan masih banyak lagi.

11. Website Profil Perusahaan (Company Profile)

Yaitu web yang fungsinya untuk mempromosikan sebuah perusahaan lengkap dengan produknya ke dunia maya. Isinya berupa data lengkap perusahaan, produk dan keunggulannya.

12. Website Branding

Yaitu web yang fungsinya untuk membangun citra atau brand sebuah nama. Baik brand pribadi seperti tokoh, artis, maupun brand sebuah perusahaan. Bahkan juga brand sebuah produk. Tujuannya untuk membangun citra dimata dunia tentang apa yang ingin dikibarkan oleh pemilik website jenis ini ke dunia online.

12. Website Toko Online

Yaitu web yang fungsinya sebagai sebuah toko sebagaimana toko secara offline. Isinya adalah berupa etalase, informasi dan penjelasan segala hal tentang produk. Lengkap dengan harga, tata cara pemesanan dan juga form transaksi. Bedanya dengan Toko Offline, pada web ini semuanya serba online. Mulai dari penjelahan dari halaman ke halaman produk, sampai dengan transaksinya berlangsung secara online.

***

Lebih kurang itulah beberapa jenis website berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Bila dikupas lebih jauh lagi, jumlahnya bisa lebih banyak lagi. Tapi semua jenis diatas, sudah cukup untuk mewakili secara umum dari beragam jenis website yang ada di internet.

2 komentar

avatar

saya mau bertanya, situs sweb mana sih yang melakukan transaksi, menyediakan portal/media, servis oriented relationship bulding, social networking dan ada brand bulidng nya jg ? Thnx

Balas Hapus
avatar

Maksudnya gimana Marta?
Maaf saya belum menangkap inti pertanyaannya apa

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas