QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Penilaian Robot Alexa terhadap blogernas

: Rabu, Maret 16, 2016

Penilaian robot Alexa terhadap blog ini bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anda dalam mengelola blog anda sendiri. Terutama cara membius pengunjung melalui tulisan, sehingga mereka menjadi malas untuk pergi meninggalkan blog anda

Hingga saat ini, Alexa masih merupakan pihak atau situs yang paling otoritatif untuk menilai popularitas situs di internet. Karena itulah ranking yang diberikan oleh Alexa masih merupakan indikator utama untuk menilai kemajuan sebuah situs . Termasuk terhadap sebuah blog. Indikator yang digunakan Alexa dalam merangking, adalah berdasarkan lalu lintas pengunjung. Karena itu juga setelah membagikan Penilaian Robot Google terhadap blogernas, pada kesempatan ini saya juga akan membagikan Penilaian Robot Alexa terhadap blog ini, setelah lebih kurang 2,5 bulan sejak blog ini dibangun.


Penilaian Robot Alexa terhadap blogernas

Gambar latar: - Lukisan Erianto Anas "Spiritualitas Millenium", 120 x 90 cm, acrylic, kanvas
Subjet matter: - Logo Alexa dari Google Image + Logo blogernas



Sebenarnya sangat banyak penilaian robot Alexa terhadap sebuah blog, apalagi jika menggunakan akun Alexa versi Pro. Tapi karena yang saya gunakan hanya versi gratis, maka yang saya bagikan, hanya tentang beberapa bagian penting saja. Diantarnya bisa anda ikuti pada uraian berikut.

Penilaian Robot Alexa terhadap blogernas

Pada gambar diatas, robot Alexa menilai blogernas sudah mencapai tangga popularitas dunia pada posisi 329.000. Dan posisi 6.123 untuk skala Indonesia. Dengan total backlink yang mengarah ke blogernas sebanyak 15. Kemudian robot Alexa menilai kecepatan loading blog ini adalah lebih kurang 1 detik. Dan ini tergolong cepat, seperti bisa anda lihat pada gambar diatas.

Penilaian Robot Alexa terhadap blogernas

Lantas dari negara mana jumlah terbesar pengunjung blog ini? Robot Alexa menjawab adalah dari Indonesia. Bahkan skornya 100%. Berarti belum ada yang datang dari luar negeri. Jika ada, tapi angkanya belum memadai untuk ditampilkan, sehingga diabaikan dalam hitungan.


Penilaian Robot Alexa terhadap blogernas


Selanjutnya melalui situs apa blog ini akhirnya banyak dikunjungi? Robot Alexa menjawab dari Google.com. Yaitu dengan skala 10,9%. Sisanya bervariasi dari berbagai situs. Termasuk yang membuka blogernas melalui bookmark.


Penilaian Robot Alexa terhadap blogernas


Kemudian melalui kata kunci apa blog ini banyak dikunjungi dari halaman Google penelusuran? Ada 5 kata kunci populer yang terlacak oleh robot Alexa, yang detailnya bisa anda lihat pada gambar diatas.

Nah selanjutnya mari kita lihat bagaimana prilaku pengunjung setelah mereka berada di blogernas.


Penilaian Robot Alexa terhadap blogernas


Robot menilai Bounch Rate blog ini adalah 16%, Pageviews per hari 13 halaman dan Time on Site per pengunjung adalah 62,5 menit. Apa arti semua ini? Sekarang mari kita mulai dari tengah.

Pageviews 13.00
Artinya adalah, rata-rata pengunjung yang kesasar ke blogernas ini, membuka sebanyak 13 halaman. Misalnya seorang pengunjung karena mencari konten tertentu di halaman pencarian Google, akhirnya kesasar ke blog ini. Sampai disini, setelah membaca sebuah halaman, akhirnya juga membaca halaman lain. Dan jumlah halaman yang mereka buka, sebanyak 13 halaman. Angka 13 berasal dari Total jumlah halaman yang dibuka, dibagi jumlah pengunjung yang masuk. Makin tinggi angkanya berarti makin bagus. Karena itu bukti bahwa pengunjung ketagihan membaca konten demi konten yang dihidangkan.

Daily Time on Site 62:54
Artinya adalah rata-rata pengunjung yang kesasar, bergentayangan di blog ini selama 62,54 menit alias 1 jam lebih. Rumusnya adalah, total waktu semua halaman yang dibuka dibagi dengan jumlah pengunjung yang masuk. Makin lama waktunya berarti makin bagus. Karena itu bukti bahwa pengunjung betah.

Bounce Rate 16.00%
Artinya rasio pentalan dari blog ini adalah 16%. Rasio pentalan maksudnya adalah, skor melambung. Gamblangnya, seberapa banyak pengunjung yang begitu kesasar, langsung loncat keluar dari blog ini. Rumusnya adalah, total jumlah pengunjung dibagi dengan total jumlah halaman yang dibuka. Semakin jauh selisih antara jumlah halaman yang dibuka dengan jumlah pengunjung yang masuk, maka itu semakin bagus. Itu berarti, pengunjung yang kesasar, tidak langsung pergi alias masih asyik membuka halaman demi halaman. Jadi angka pentalannya rendah. Persentase pengunjung kesasar yang langsung meloncat keluar, rendah. Karena itulah semakin rendah angka bounce rate, berarti semakin bagus. Itu menunjukkan bahwa konten sebuah blog, diminati. Buktinya, pengunjung betah untuk berlama-lama hingga lupa untuk pulang.

Lalu bagaimana perasaan saya melihat laporan ini?
Alangkah senangnya hati ini. Bibir ini senyum-senyum sendiri sambil berkata:

Luar biasa kau blogernas. Jadi makin cinta sama kamu. Lihat respon pengunjung terhadap dirimu. Terhadap postingan-postinganmu. Pengunjung benar benar betah dan kecanduan padamu wahai blogernas. Hingga saat ini, aku belum menemukan blog lain yang pengunjungnya bisa bertahan hingga 1 jam lebih. Rata-rata mereka membuka hingga 13 halaman? Hingga bounce-ratemu hanya 13% ? Omong-omong rahasianya apa ya? Kok bisa begitu? Ini boss rahasianya disini

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas