QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Mengetahui Niche Blog yg Paling Tepat

: Minggu, Maret 06, 2016

Apakah niche blog yang anda pilih saat ini sudah tepat? Tulisan ini akan membantu anda untuk mengetahuinya dengan tangkas

Jika anda mulai kewalahan, bingung mau menulis apalagi di blog anda, itu suatu petanda, bahwa niche blog yang anda pilih saat ini, bukan pilihan yang tepat. Paling tidak, anda belum tahu cara mengembangkan niche anda sendiri. Pastikan sebelumnya, anda sudah membaca: Niche Terbaik untuk Blogging Sapanjang Masa. Itulah dasar berpikir yang harus anda pahami sebelum melanjutkan melahap tulisan ini.

Yang harus anda camkan
Membangun blog tidak sama dengan membuat akun di Facebook, yang pemilihan namanya bisa anda buat dengan sewenang-wenang, lalu membiarkannya tanpa pemeliharaan. Karena blog, sama dengan sebuah tanaman. Anda, tidak bisa berlalu begitu usai membuatnya. Blog, harus dirawat dan dipupuk terus menerus. Karena blog, bisa mati tanpa dipelihara. Bisa mati daya tariknya, bisa mati SEO-nya, dan bisa mati trafficnya. Bahkan bisa mati kreativitas Blogger yang mengelolanya sebelum blognya berhasil mencapai maqam impiannya. Baik sekedar sukses dari sisi blogging, apalagi sukses dari sisi monetizing.

Biasanya, kematian sebuah blog, rata-rata disebabkan Bloggernya sudah tidak tahu lagi akan berbuat apa terhadap blog tersebut. Tidak tahu, apalagi postingan yang akan ditulis. Akhirnya, mereka pensiun sebagai Blogger. Nah itulah akibat dari pemilihan niche yang tidak tepat. Topik yang digarap, tidak sesuai dengan minatnya sendiri. Yang ditulis, adalah apa yang dikatakan banyak orang bagus untuk pasar finansial. Atau paling tidak, topik yang banyak dicari orang. Sementara topik tersebut, bukan keahliannya sendiri. Itu sama artinya, sama dengan bunuh diri kreativitas. Mereka, cepat atau lambat, akhirnya akan tetap impoten dalam perjalanan. Mereka, akan mati sendiri sebelum berkembang. Tidak ada orang sukses menggarap sesuatu yang bukan keahliannya sendiri. Mungkin anda jawab: "Bisa kok. Cari penulis bayaran". Kalau itu sudah lain cerita. Dan membayar seorang penulis, itu konteksnya bukan sebagai Blogger lagi. Tapi seorang Internet Marketter (Perbedaan Blogger dengan Pebisnis Online)

Jadi rumus pamungkas niche yang paling tepat untuk anda,
Sebenarnya sangat sederhana, yaitu topik yang memang menjadi kegandrungan anda sendiri. Karena hanya dengan menggarap minat anda itulah gairah blogging anda akan meluap-luap. Anda akan memiliki cadangan energi bathin yang melimpah. Dan tentu, stamina blogging anda, akan jauh melampaui mereka yang menggarap topik yang bukan bagian dari minat mereka sendiri. Dan itulah yang akan membuat anda bisa dan terus bertahan sampai akhirnya blog anda sukses meraih maqam tertingginya. Bukan patah di tengah jalan lalu akhirnya mati suri.

Tapi disisi lain
Tidak semua orang tahu pasti dengan minatnya sendiri. Pada sebagian orang, bahkan mereka tidak tahu sama sekali, apakah dirinya punya minat atau tidak terhadap sesuatu. Apalagi berkaitan dengan menulis. Sudahlah mereka merasa bahwa menulis itu sulit, ditambah lagi mereka tidak tahu apa yang hendak ditulis. Lalu adakah cara untuk mengetahui minat sendiri? Jika ada, bagaimana cara mengetahuinya? Silahkan masuk ke ruangan khusus disini: Cara Mengetahui Minat Sendiri untuk Niche Blog.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas