QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Mengetahui Blog Tutorial Hoax

: Selasa, Maret 01, 2016

Banyak blog isinya tutorial hoax alias tidak terbukti. Tapi banyak blogger tetap masih tertipu. Tulisan ini membongkar cara mengetahuinya

Rata-rata Blogger, belajar melalui internet dalam mengelola blognya. Dari satu blog ke blog lain. Jarang yang belajar blogging melalui buku dengan studi mendalam secara bertahap dan sitematis dari awal sampai akhir. Tapi itu bukan soal. Dari mana pun sumber belajar tidak masalah. Yang menjadi persoalan adalah, bagaimana cara mengetahui apakah sebuah blog, tutorialnya tentang blogging memang bisa dipercaya. Benarkah setiap tutorial yang ditulis itu sudah valid alias memang terbukti?

Inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahuinya
Apakah sebuah blog tutorial, isinya hanya hoax atau memang terbukti?

Pertama Tutorial Utak Atik Template

Maksudnya adalah, segala tutorial yang menyangkut desain tampilan blog, baik masalah layout, mauapun masalah fitur tambahannya. Tentang hal ini, sangat banyak ditulis oleh para Blogger. Tapi jangan lupa, tidak semua yang mereka tulis itu terbukti bekerja di blog anda. Bahkan diterapkan di blog siapapun. Kenapa? Karena script atau langkah-langkahnya, keliru. Maka begitu anda mencoba menerapkan sebuah tutorial dari sebuah blog, tapi ternyata tutorial itu tidak bekerja, alias tidak berfungsi, tidak ada perubahan pada blog anda, apalagi jika menjadi berantakan, maka itu sudah cukup sebagai bukti, bahwa anda sedang kesasar ke blog hoax. Apalagi jika tutorial itu, tidak disertai gambar pendukung yang jelas dan rinci, biasanya hanya berupa 1 atau 2 paragraf singkat. Maka tinggalkan saja blog yang seperti itu. Biasanya, itu hanya blog copas. Dan rata-rata blog tutorial, memang isinya hanya copas. Anda akan menemukan kalimat yang sama meski blog yang memuat itu, cukup banyak. Tapi isinya, semua relatif sama.

Kedua Tutorial Valid HTML

Saat HTML5 diluncurkan, banyak blogger, berbondong-bondong ingin menjadikan blognya, valid sebagai HTML5. Lalu banyak blogger, jadi menulis tentang hal yang sama. Tapi lagi lagi, isinya, rata-rata hampir sama. Bahkan banyak blog, menulis tutorial cara agar blog valid 100%. Tapi blog mereka sendiri, sama sekali tidak valid. Itu juga ciri dari blog hoax. Yang ditulis, tidak terbukti pada blognya sendiri. Jadi, tinggalkan blog copas seperti itu. Blog yang menulis tentang validasi HTML yang harus anda percaya, adalah blog yang memang terbukti di situs resmi W3C Validator tidak terdeteksi lagi kesalahan script HTML pada blognya. Warnanya, sudah hijau. Bukan orange apalagi merah. Cara mengujinya, cek alamat blognya disini untuk mengetahui apakah template blog tersebut sudah valid atau masih banyak error: https://validator.w3.org

Ketiga Tutorial Loading Blog

Ini juga banyak terdapat pada blog yang tersebar di internet. Tutorial tentang cara mempercepat loading blog, lengkap dengan berjubel nasehat yang harus diikuti. Tapi jangan lupa, rata-rata blog yang menulis tentang hal ini, sejauh saya cermati, juga tidak terbukti. Yang ditulis, cara agar blog laodingnya secepat kilat. Tapi blog mereka sendiri, lelet minta ampun. Karena itu, sebelum menerapkan tips mempercepat loading di suatu blog, maka uji dulu kecepatan blognya sendiri disini: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights. Jika tidak terbukti angkanya tinggi, maka maka tinggalkan saja blog tersebut sambil meludahinya.

Keempat Tutorial SEO Blog

Apalagi ini. Boleh dikatakan, paling banyak dicari dalam dunia blogging. Bagaimana caranya, agar SEO sebuah blog, tinggi scorenya dan terbukti hasilnya. Terbukti blog setiap kontennya, cepat terindeks, dan bercokol di halaman pertama mesin pencari apalagi Google. Tapi jangan lupa, banyak blogger, hanya omong besar tentang SEO. Yang ditulis tentang SEO, tapi blognya sendiri, tidak berdaya di halaman pencarian. Terbukti, angka kunjungan ke blognya, rendah, walaupun jumlah postingannya, sudah banyak. Hati hati soal yang satu ini. SEO itu sangat krusial. Tidak SEO, blog menjadi tidak berdaya di halaman pencarian. Over SEO, blog akan dinilai spamming oleh robot search engine. Efeknya, bisa kena finalty. Dan yang paling parah, blog dihapus (jika menggunakan blogger). Jadi sebelum menerapkan jurus SEO di suatu blog, maka periksa dulu bagaimana SEO blog itu sendiri.

Ada banyak cara untuk mengujinya. Tapi disini, saya hanya berikan 5 cara saja.
Pertama cek dulu struktur data dari blognya, apakah sudah fix atau justru masih error, caranya cek di: https://developers.google.com/structured-data/testing-tool. Kedua cek skornya dengan situs http://chkme.com. Masukan alamat blog mereka disitu, lalu lihat berapa skornya. Ketiga, yang lebih advance, uji di: http://www.seocentro.com/tools/seo/seo-analyzer.html. Lalu jika ingin lebih mendalam lagi, yang keempat uji disini: http://seositecheckup.com. Jika berdasarkan pengujian ini scorenya rendah, itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa blog tersebut hanya omoong kosong soal SEO. Kemudian yang kelima, anda juga bisa cek kekuatan blog tersebut di halaman pencarian, terutama di Google. Uji beberapa kata kunci untuk beberapa judul tulisannya disini: http://www.whatsmyserp.com/serpcheck.php. Apakah blognya muncul di hasil pencarian, atau tidak. Dan terakhir, yang keenam, ini yang paling valid, tapi sayang anda tidak bisa melakukannya, kecuali oleh author blog tersebut secara langsung di halaman Google Webmaster Tool atau kini sudah beralih nama menjadi Search Console. Karena untuk mengujinya, harus login ke akun Google masing-masing. Nah disitu, semuanya akan terbaca bagaimana kondisi blognya oleh robot Goole dalam kaitannya dengan SEO.

Sebenarnya, masih banyak yang bisa ditelanjangi dari blog-blog tutorial hoax.
Tapi 4 jenis tutorial diatas, sudah cukup mewakili sebagai topik yang paling umum dan krusial di pentas blogging, yang biasanya ditulis oleh para Blogger copas dan Blogger ceroboh.

2 komentar

avatar

jagoan bahasa sampeyan mas, org yg pny blog spt itu bs terkencing kencing dg kata2 sampeyan walau sy jg benarkn prkataan sampeyan spt contoh : cari kata kunci, rata2 d anjurkan via google keyword planner tp stp sy buka susah malah hrs langganan iklan dlu.. buka blog n minta istilah menu lengkap yg ad cuma dasbor blog bkn laman n entri blog lgsg...

rata2 hoax tp kenapa bs muncul d hlman 1 ya mas? saya betah di blog sampeyan ini krn sepi komentar yg artinya artikel2 yg sampeyan taruh d footer bisa lgsg d klik gk hrs lewati komentar2 hehehe n ke.2 artikel sampeyan lengkap bget smp ilustrasinya..

Balas Hapus
avatar

Senang membaca pengakuan anda Angles
Banyak faktor kenapa mereka muncul di halaman 1. Misalnya karena persaingan pada keyword tersebut masih kurang. Kedua mereka sengaja mendongkrak SEO dengan cara paksa alias tidak natural. Cara ini tidak akan bertahan lama di halaman Google.

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas