QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Email dan Fungsinya?

: Rabu, Maret 09, 2016

Yang ingin tahu apa itu email lengkap dengan fungsinya, sangat cocok dengan tulisan ini. Sebuah ulasan lengkap dengan sajian yang mudah dicerna

Tidak bisa tidak akhirnya anda harus tahu apa itu email lengkap dengan fungsinya. Kecuali anda ingin tetap bertahan sebagai orang asing di masyarakat maya

Jadi apa itu email?
Sangat mudah untuk memahaminya. Rumus dasarnya adalah:

Email = e + mail.

e = elektronik
mail = surat
email = suarat elektronik

Lalu apa itu surat elektronik?
Bayangkan saja surat biasa. Surat yang ditulis dengan pena atau diketik dengan komputer yang kemudian dicetak, lalu dikirim via POS pada seseorang. Maka begitu pula dengan surat elektronik. Sama-sama sebuah dokumen yang diketik pada sebuah halaman lalu juga dikirim pada seseorang. Bedanya pada surat elektronik, bukan ditulis pada halaman kertas. Tapi pada halaman sebuah aplikasi. Baik aplikasi offline maupun online. Kemudian pengirimannya bukan melalui jasa POS, tapi melalui situs penyedia layanan email, dengan jasa transportasinya jaringan internet.

Itulah pengertian email.
Lalu apa fungsi email tersebut?
Meski banyak fungsinya, setidaknya bisa dikeleompokkan menjadi 4 bagian:

Pertama, untuk sarana komunikasi maya
Melalui email tersebut, anda bisa menghubungi seseorang. Bisa saling chating atau kontak pribadi dengan seseorang. Bahkan bisa untuk menulis permohonan kerja dan transaksi bisnis. Tanpa anda harus bertemu dengan yang bersangkutan, tanpa harus mendatangi sebuah kantor.

Kedua, untuk alat saling berbagi
Melalui email tersebut, anda bisa saling mengirim informasi, tulisan, foto, video dan software dengan orang lain.

Ketiga, untuk security kepemilikan
Melalui email tersebut, segala kepemilikan anda di internet, bisa dikunci hanya anda yang bisa membuka dan mengeditnya. Misalnya terhadap akun-akun yang anda miliki di berbagai situs. Misalnya anda punya akun di Facebook, Twitter, Google Plus, Blogger dan seterusnya. Maka yang bisa mengelolanya, anda sendiri. Orang lain, tidak bisa mengobrak-abriknya. Karena untuk membukanya, harus menggunakan email pribadi masing-masing.

Keempat, untuk konfirmasi kepemilikan
Ketika anda sudah punya akun disebuah situs, ketika anda sudah menjadi member, apapun situsnya, maka untuk membuktikan bahwa akun tersebut memang milik anda, maka pihak administrator, akan melakukan verifikasi kepemilikan. Maka dengan email itulah sistem verifikasi bisa dilakukan. Karena jika memang anda sebagai pemiliknya, tentu anda akan bisa membuka email yang ditunjuk oleh pihak administrator. Siapapun yang bukan pemilik email terkait, tentu tidak akan bisa membukanya alis tidak terbukti bahwa merekalah pemilik sebuah akun. Karena itulah setiap mendaftar keanggotaan situs-situs membership, anda selalu diminta untuk memberikan alamat email terlebih dulu.

Lalu dimana anda bisa membuat email tersebut di internet?
Sangat banyak. Tapi 3 situs besar yang selama ini sudah populer sebagai penyedia layanan email gratis adalah Google Mail, Yahoo Mail dan Hotmail. Tapi jika anda menyewa sebuah hosting di internet, maka anda bisa membuat email sendiri tanpa ketergantungan pada ketiga situs tersebut. Biasanya email seperti ini melekat pada blog atau situs yang anda buat sendiri, yang menggunakan hosting tersebut sebagai servernya. Misalnya anda punya blog atau webisten yang alamatnya di http://www.blogernas.com. Maka alamat email anda, bisa langsung diakhiri dengan nama domain blog anda. Misalnya eriantoanas@blogernas.com.

Selanjutnya bagaimana cara untuk membuat email tersebut?
Untuk versi gratis, anda bisa ikuti caranya disini: Cara Membuat Email Gratis dengan Gmail.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas