Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Ekstensi File Gambar dan Contohnya?

: Kamis, Maret 10, 2016

Tulisan ini lebih dari sekedar menjelaskan apa itu ekstensi file gambar dan contohnya. Tapi sekaligus juga membongkar kekeliruan pemahaman terhadapnya

Dengan memahami Apa Itu Ekstensi File secara mendasar, maka secara otomatis, anda akan mudah memahami tentang ekstensi file gambar. Karena prinsipnya sama. Yang membedakannya, hanya pengelompokkannya saja. Yang perlu dibedakan secara kritis disini adalah, antara ekstensi file gambar, dengan esktensi file aplikasi pengolah gambar.

Ingat!
Ekstensi file gambar, adalah file hasil keluaran dari aplikasi pengolah gambar. Sedang ekstensi file pengolah gambar, adalah ekstensi file kerja. Ini sering keliru atau tumpang tindih dipahami.

Contoh:
Misalnya anda membuat sebuah desain pada porgam atau aplikasi Corel Draw. Kemudian karena desainnya belum siap, dan anda berniat untuk melanjutkannya di lain waktu, maka hasil kerja yang masih terbengkalai tersebut, anda simpan. Anda Save as. Nanti jika anda ingin melanjutkannya, maka anda tinggal buka file tersebut, yang begitu diklik akan terbuka lagi pada halaman kerja Corel Draw. Nah file Corel Draw tersebut ekstensinya adalah .cdr. Ini yang disebut dengan ekstensi aplikasi pengolah gambar.

Tapi jika desainnya sudah selesai, maka agar gambarnya bisa dibuka tanpa menggunakan Corel Draw, anda harus mengconvert (mengubah) filenya agar bisa dibuka dengan program pembaca gambar (seperti Windows Photo Viewer yang sudah include pada sistem operasi Windows). Jadi jika filenya diklik, maka tidak akan terbuka lagi ke Corel Draw. Tapi ke aplikasi pembaca gambar. Ingat, hanya aplikasi pembaca gambar. Artinya gambarnya tidak bisa lagi diedit. Dan aplikasi pembaca gambar tersebut, sudah tersedia secara otomatis setiap Windows terisntall pada sebuah komputer atau laptop. Jadi siapapun, akan bisa membuka desain atau gambar anda, walaupun pada perangkat mereka, tidak terinstall Corel Draw. Nah, file seperti itulah yang disebut dengan file gambar.

Lalu apa saja contohnya ekstensi file kedua jenis tersebut?

Ekstensi File Aplikasi Pengolah Gambar:

Aplikasi Macromedia Freehand, ekstensinya .fh11
Aplikasi Corel Draw, ekstensinya .cdr
Aplikasi Adobe Photoshop, ekstensinya .psd
Aplikasi Adobe Illustrator, ekstensinya .ai

Ekstensi File Aplikasi Pembaca Gambar
(lazim disebut hanya ekstensi file gambar):

Rata-rata aplikasi pembaca gambar, biasanya bisa membuka semua jenis file gambar. File gambar yang dimaksud adalah: bmp, EPS, gif, jpg, jpeg, PNG, tiff, dan masih banyak lagi.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas