QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Penyebab Utama Loading Blog Anda Lelet

: Kamis, Februari 11, 2016

Pastikan sebelumnya anda sudah membaca betapa pentingnya speed atau kecepatan loading blog terhadap banyak hal DISINI. Pada halaman ini, itu tidak akan dibahas lagi. Yang dibahas disini adalah, penyebab mendasar kenapa loading blog anda lambat alias lelet.

Apa yang menjadi penyebabnya?
Meskipun gambar dan video adalah 2 konten yang selalu digembar-gemborkan sebagai penyumbang leletnya loading sebuah blog, tapi sebenarnya masih ada musuh lain yang lebih ganas, yang kerjanya memperlambat halaman blog anda terbuka. Hanya saja, musuh yang satu ini, tidak terlihat di permukaan seperti gambar dan video.

Apa itu?
Siapa lagi kalau bukan javascript.
Yaitu salah satu jenis bahasa pemrograman web yang menggunakan kode yang berbeda dengan HTML dan CSS. Namanya kode javascript. Isinya, berupa kode-kode untuk memerintahkan sesuatu, misalnya perintah pelacakan, perintah untuk menampilkan animasi flash dan masih banyak lagi. Singkatnya, efek dari kerja javascript ini, menyita bandwidth jaringan dan bandwidth hosting paling besar dibanding konten lainnya pada sebuah blog.

Karena itu jika anda benar benar memikirkan kemajuan dan reputasi blog dalam jangka panjang, pastikan anda sangat cermat akan hal ini. Tidak membiarkan banyak javascript bergalantungan bak benalu di blog anda. Meskipun anda tidak pernah memasangnya, tapi secara default, di tubuh template yang anda gunakan, sudah selalu ada beberapa kode javascript bercokol, dimana kehadirannnya, tidak selalu anda butuhkan. Bahkan sebagian, hanya sebagai penumpang haram saja di template blog anda.

Bagaimana cara mengetahui apakah ada kode javascript pada template anda? Gampang!
Anda tinggal cari ekstensi file berakhiran js di halaman HTML template blog anda (Js itu singkatan dan nama dari ekstensi file javascript). Lalu pelajari itu kode untuk menampilkan apa atau fungsinya untuk apa. Jika tidak begitu penting, sikat saja alias dihapus. Anda bisa uji sendiri efeknya terhadap speed loading blog anda setelah membuangnya.

Tapi bagaimana cara mengetahui apakah sebuah javascript penting atau tidak tehadap blog anda? Jawabannya adalah, pahami beberapa kode javascript penting yang benar-benar dibutuhkan oleh blog anda disini: Daftar Javascript Wajib untuk Blog Anda.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas