QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Melihat Tampilan Tulisan di Blog Setelah Dipublish

: Kamis, Februari 04, 2016

Sebagai pemula yang baru belajar membuat blog, bisa dimaklumi kenapa anda masih bingung bagaimana cara melihat tampilan tulisan yang baru saja selesai anda publish di halaman entri baru dasbor (baca: Cara Menulis di Blog). Karena anda belum bisa membedakan antara halaman dasbor dengan halaman tampilan blog. Jadi antara halaman kerja dengan halaman tampilan, masih tumpang tindih dalam pemahaman anda. Padahal keduanya adalah 2 hal yang berbeda (baca: Perbedaan Halaman Dasbor dengan Halaman Tampilan Blog)

Sebenarnya sangat mudah untuk melihatnya.
Begitu anda selesai mempublish sebuah tulisan, maka tampilan yang akan muncul adalah seperti gambar dibawah ini:


Cara Melihat Tampilan Tulisan Blog Setelah Dipublish

Maka sekarang kliklah tulisan Lihat tepat dibawah judul tulisan yang baru saja anda publish. Anda kemudian akan langsung dibawa ke halaman tampilan tulisan tersebut. Contohnya seperti gambar dibawah ini.


Cara Melihat Tampilan Tulisan Blog Setelah Dipublish

Lihat alamat URLnya, tampak bukan halaman home, seperti bisa anda lihat pada bagian no.2 pada gambar diatas. Tapi adalah alamat atau URL tulisan yang baru saja anda publish. Jika anda belum paham maksudnya, silahkan baca juga: Perbedaan URL Halaman Home dengan URL Halaman Postingan.

Jika usai mempublish sebuah tulisan anda langsung logout dari akun blogger anda, atau mungkin karena sebab lain misalnya lampu mati dan sebagainya, sehingga akhirnya anda keluar dari dasbor, maka cara lain untuk melihat tampilan tulisan yang pernah anda publish di blog, adalah dengan langsung membuka list tulisan yang terdapat pada halaman dasbor anda. Contohnya seperti ini.


Cara Melihat Tampilan Tulisan Blog Setelah Dipublish


Ini adalah tampilan dasbor begitu anda selesai login ke blogger.com. Maka untuk melihat tulisan anda sebelumnya, anda bisa klik ikon Buka daftar entri seperti gambar diatas. Tulisan Buka daftar entri memang tidak tertera pada tombol tersebut. Tapi jika anda dekatkan kursor ke ikon bergambar halaman kertas tersebut tanpa mengkliknya, maka akan muncul balon titel bertuliskan Buka daftar entri. Baik, sekarang kliklah ikon tersebut, sehingga terbuka list tulisan yang pernah anda publish. Lalu selanjutnya anda tinggal klik menu lihat tepat dibawah judul tulisan tersebut, sama seperti cara yang pertama diatas.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah, ini cara yang paling lazim dilakukan oleh mereka yang baru belajar blogging. Yaitu dengan mengklik tombol Lihat Blog di halaman dasbor. Apa bedanya dengan cara sebelumnya? Kalau menu lihat yang anda klik, maka yang akan terbuka, langsung halaman tulisan yang anda ingin buka. Tapi jika menu Lihat Blog, yang terbuka adalah halaman home blog, dimana disitu, semua tulisan anda, akan terlihat. Tapi jika halaman tulisan yang anda buka, maka yang terlihat, hanya tulisan itu saja. Sedang tulisan lainnya, tersembunyi dalam arsip blog anda.

Cara Melihat Tampilan Tulisan Blog Setelah Dipublish


Dibawah ini adalah contoh halaman home yang terbuka karena di dasbor yang anda klik adalah menu Lihat Blog.

Cara Melihat Tampilan Tulisan Blog Setelah Dipublish

Selanjutnya yang perlu anda pelajari adalah, bagaimana cara membuat label pada sebuah tulisan. Ini sangat penting. Apalagi jika nanti tulisan di blog anda sudah banyak. Caranya bisa anda ikuti di Cara Membuat Label Postingan di Blog.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas