QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Kupas Tuntas Apa Itu Blogger

: Senin, Februari 08, 2016

Sebenarnya istilah blogger rata-rata bagi para penggila internet, bagi para peselancar maya, sudah tidak asing lagi. Tapi jika anda masih baru mengenal internet, mungkin istilah Blogger ini masih mahkluk asing bagi anda. Tapi meski demikian, belum banyak yang tahu apa itu Blogger secara mendasar. Yang banyak tahu, baru sepintas dari kulit luar.

Jadi apa itu Blogger?

Ada 2 sudut pandang yang bisa digunakan untuk menjawabnya:

Pertama dari sisi Aplikasi

Aplikasi maksudnya adalah, engine atau software. Dari sisi ini, maka Blogger adalah sebuah aplikasi atau engine untuk membuat blog, yang merupakan milik Google, dengan hostingnya blogger.com dan dengan domainnya blogspot.com (baca lebih mendalam tentang: Perbedaan Blogger dengan blogspot.com). Posisinya, sama dengan WordPress, MultyPlay dan Tumblr. Sama-sama kategori engine pembuat blog.

Tapi jangan lupa, jika anda pernah mendengar atau membaca istilah Joomla, Mambo, Drupal, PrestaShop, phpBB dan MyBB, itu bukanlah engine pembuat blog. Tapi adalah engine untuk membuat website. Blog dengan Website berbeda. Apa bedanya? (Baca Apa Perbedaan Blog dengan Website).

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah tidak bisa blog itu dibuat sendiri? Misalnya dengan menggunakan aplikasi offline seperti Dreamweaver? Atau dengan menggunakan Notepade dan sejenisnya? Jawabannya adalah sangat bisa. Dengan catatan, jika anda jago masalah coding dan sistem web blog. Sehingga anda bisa merancang sendiri dari awal sampai akhir. Tapi jika tidak, maka anda bisa menghabiskan waktu hingga bertahun-tahun untuk menuguasainya, dari perancangan sampai akhirnya bisa diluncukan ke internet. Nah disinilah kelebihan engine pembuat blog gratis yang saat ini banyak beredar di internet. Dan yang paling banyak digunakan hingga postingan ini saya luncurkan, adalah engine Blogger. Anda tidak perlu mempelajari banyak hal dari nol untuk bisa membuat sebuah blog. Hanya dibutuhkan waktu paling lama 5 menit untuk membuatnya. Contohnya bisa anda uji disini: Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogger. Tanpa membayar sepeser pun. Bahkan juga bisa anda jadikan sebagai kenderaan untuk mencari uang di Internet. Sudah banyak yang kaya di Internet hanya melalui sebuah blog gratis.

Kenapa engine Blogger ini paling banyak digunakan?
Karena sangat mudah digunakan. Anda tidak perlu mengurus masalah domain dan hosting (baca: Apa Itu Domain dan Hosting?). Begitu selesai mendaftar di situs resminya blogger.com, anda bisa langsung mengelolanya dengan enteng. Mulai dari mempublikasikan tulisan, foto dan video anda ke internet, sampai dengan mengelola desain tampilannya sesuai selera anda.

Jadi kesimpulannya, Blogger itu adalah sebuah alat. Sebuah perkakas. Sebuah tools digital untuk membuat sebuah blog.

Kedua dari sisi Pengguna

Dari sisi yang pengguna, orang yang mengelola sebuah blog, disebut dengan julukan sebagai Blogger. Dari struktur kata, rumusnya adalah:

Blogger = Blog + er

Nah dalam bahasa Inggris, akhiran er itu artinya adalah kata ganti dari pelaku terhadap sebuah minat dan kegiatan. Kegiatannya disini adalah mengelola sebuah blog. Maka orangnya disebut dengan seorang Blogger. Jadi asal seseorang sudah selesai mendaftar di blogger.com lalu membuat sebuah blog, maka berdasarkan pengertian ini, mereka sudah disebut sebagai seorang Blogger. Walaupun mereka belum tahu dan mahir apa-apa dalam mengelola sebuah blog. Tapi dari sisi proffesionalitas, mereka yang demikian belum pantas menyandang gelar sebagai Blogger. Mereka baru disebut sebagai orang yang sedang belajar menjadi blogger. Kalau begitu apalagi batasannya sehingga seseorang baru layak menyandang julukan sebagai Blogger?

Mari kita lanjutkan disini: Perbedaan Blogger dengan Internet Marketter atau Pebisnis Online

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas