QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Mendapatkan Kode Cadangan Verifikasi Gmail

: Sabtu, Februari 27, 2016

Anda tetap bisa dapatkan kode verifikasi cadangan untuk login gmail tanpa HP. Caranya? Simak langkah detailnya dibawah ini:

Pertama syaratnya anda sudah melakukan verifikasi 2 langkah untuk mengakses akun gmail anda. Jika itu sudah, maka sekarang silahkan anda login dulu ke akun Google anda. Jika belum tahu caranya, silahkan mampir dulu ke halaman: Cara Masuk ke Akun Google. Setelah login, nanti akan terbuka tampilan seperti ini.

Cara Verifikasi Gmail 2 Langkah dengan HP

Setelah terbuka halaman akun Google anda seperti diatas, maka layangkan pandangan anda ke kiri bagian bawah. Maka akan tampak menu seperti gambat dibawah ini.


Cara Verifikasi Gmail 2 Langkah dengan HP

Setelah bertemu seperi gambar diatas, maka silahkan anda klik pada area menu tersebut.



Karena ini menyangkut masalah keamanan akun Gmail atau akun Google anda. maka biasanya anda akan disuruh login kembali, untuk memastikan oleh sistem bahwa yang punya akun ini benar-benar anda. Karena itu silahkan anda isi kedua data login yang diminta, yaitu email dan password. Setelah itu klik tombol Masuk. Maka anda kemudian akan dibawa ke halaman ini:



Ini artinya anda disarankan untuk periksa data konfirmasi pemulihan akun anda, dalam hal ini nomor HP dan email pemulihan anda. Email selain email yang sedang anda buka sekarang. Cek keduanya apakah sudah benar. Jika sudah, klik tombol Selesai.



Pada bagian ini akan tertera perangkat ponsel yang anda gunakan selama ini untuk melakukan verifikasi akun gmail anda. Akan langsung tertera merk dari produknya. Pada contoh ini tampak perangkat terakhir yang saya gunakan adalah Samsung Galaxy J1. Jika perangkat yang tertera sudah benar, maka klik tombol Kelihatannya oke. Tapi jika tidak, klik Ada yang tidak beres. Tapi sesuai contoh tutorial ini, saya anggap anda mengklik pilihan pertama.



Jika akun Google anda terhubung dengan situs lain, maka juga akan ditampilkan seperti gambar diatas. Tampak bahwa akun Google saya ini terhubung dengan akun Facebook saya. Lagi lagi jika data itu sudah benar, maka klik tombol Selesai.



Pada bagian ini akan ditampilkan nomor ponsel yang anda ajukan untuk menerima kode verifikasi setiap anda akan login ke akun gmail anda. Pastikan juga nomornya sudah benar. Lalu karena anda ingin mendapatkan kode cadangan, maka klik tulisan Verifikasi 2 Langkah. Maka begitu anda selesai mengkliknya, biasanya anda akan disuruh login kembali seperti ini.


Silahkan anda isi lagi passwordnya lalu klik tombol Masuk. Setelah itu yang akan muncul adalah seperti ini.




Disini ada 2 menu pilihan. Yang pertama untuk menambahkan nomor ponsel cadangan. Gunanya untuk berjaga-jaga jika nomor HP utama anda hilang atau tidak bisa diakses. Kemudian pilihan kedua adalah, untuk melihat kode cadangan verfikasi login anda. Sesuai topik tulian ini, maka sekarang kliklah tombol Cetak atau unduh.




Nah .... ini dia kode cadangan tersebut. Semuanya bisa anda gunakan untuk setiap login ke akun gmail anda. Bahkan ke semua akun Google anda yang lainnya. Misalnya ke Google Plus, ke Youtube, ke Blogger dan seterusnya. Tanpa harus menggunakan HP lagi. Tapi setiap kode, hanya berlaku untuk sekali login. Jika satu set kode sudah anda gunakan, maka untuk digunakan lagi saat login berikutnya tidak bisa. Anda harus gunakan kode cadangan lain yang belum pernah anda pakai. Begitulah seterusnya sampai habis ke sepuluh kode verifikasi tersebut.

Lantas jika sudah habis apa solusinya?
Anda ambil lagi 10 kode cadangan berikutnya. Caranya sama dengan cara diatas, Lakukan hal yang sama sampai akhirnya Goole memberikan kode cadangan lagi untuk anda. Tapi ingat, pastikan kode cadangan ini tidak diketahui oleh siapapun. Karena jika ada yang tahu, maka mereka akan bisa membuka email anda dengan menggunakan kode tersebut.

Untuk menyimpan semua kode diatas, anda bisa copy paste ke halaman dokumen seperti Notepad, WordPad, Ms.Word, Excel dan seterusnya. Atau dengan cara otomatis, anda tinggal klik tombol Simpan file teks seperti gambar diatas. Nanti akan muncul jendela download seperti ini dan anda tinggal menyimpan filenya.



Nah sampai disini, selesai sudah tugas saya membagikan tips ini. Sekian.

25 komentar

avatar

Sama-sama Didaksi

Balas Hapus
avatar

kalo ga bisa masuk akunnya gimana,soalnya nomor hp yang buat verifikasi 2 angkahnya udah ga aktif,

Balas Hapus
avatar

Harus melakukan car lain,
Sistem verifikasi pertanyaan keamaanan dan mengisi berbagai data terkait akun. Lalu setelah itu dipelajari dulu oleh pihak gmail. Waktu mereka mempelajari laporan kita, 3 hingga 5 hari.

Balas Hapus
avatar

apa pesan 3-5 hari itu akan dibalas pihak google min??

Balas Hapus
avatar

Saya sendiri belum pernah mengalaminya. Tapi anak saya pernah saya bantu seperti itu. Tapi sayangnya, tepat di hari yang ditunggu itu saat saya tanya dia, katanya memang melihat ada email masuk dari pihak Google, tapi karena tidak mengerti langsung dia hapus. Jadinya saya tidak tahu apa isinya dan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Balas Hapus
avatar

baru tau fungsinya, klo kode cadangan itu udh dpt lama tp gk pernah saya pakai bhkan buka gmail di komputer kantor krn gk tau fungsi kode cdangan itu, mksih mas infonya

Balas Hapus
avatar

Mau nnya gimana crnya masuk..
Saya dah masuk id sama pass tpi abis itu ditanya kode digit itu gimana ya?

Balas Hapus
avatar

Kode 6 digit itu maksudnya kode verifikasi yang dikirim oleh Google ke HP kita. Maka masukan kode itu ke kotak yang tersedia

Balas Hapus
avatar

Bagaimana cara membuat code vertivikasi yg sudah hilang

Balas Hapus
avatar

Lakukan hal yang sama sepeti tutorial diatas

Balas Hapus
avatar

Mas EA bisa minta tolong? Saya mendapatkan masalah sama akun gmail yg saya verifikasi 2 langkah, dan nomer verifikasi juga sudah tidak bisa aktif dan tidak bisa mendapatkan code verifikasi... bgaimna caranya mas EA thanks

Balas Hapus
avatar

No.HP yang dulu dimasukan apakah masih ada di tangan anda?

Balas Hapus
avatar

kalau nomer sudah tidak aktif semua dan lupa yahoo nya bagaimana???? mohon di bantu klo tidak keberatan....klo memang sulit dan kemungkinan nggak ada ya gimana lagi, IKLAS

Balas Hapus
avatar

gimana bang kira-kira bisa nggak akun saya balik

Balas Hapus
avatar

Coba diusahakan Yahoonya bisa terbuka. Kalau itu bisa dibuka, dan sewaktu mendaftar gmail pernah memasukan email yahoo, maka masih ada harapan untuk pemulihan. Karena lupa passwordnya bisa dikonfirmasi ke email yahoo. Tapi jika yahoonya juga tidak berhasil, ya sudah tidak bisa lagi

Balas Hapus
avatar

Permisi gan akun saya pake verifikasi nomor tapi nomornya hangus apa bisa dipulihkan kembali tidak gan

Balas Hapus
avatar

Bisa kalau sebelumnya anda memasukan email cadangan saat mendaftar, atau anda tambahkan kemudian ke pengaturan akun anda. Jika tidak alternatif terakhir melalui fitur pertanyaan keamanan. Tapi prosesnya sangat lama dan kemungkinan berhasilnya, rendah.

Balas Hapus
avatar

ass..mas gimana kalau akun yg sudah di pakai verifikasi dua langkah tapi hp nya hilang dan tidak ada kode cadangan

Balas Hapus
avatar

Tidak bisa lagi Hafiz.
Anda harus melakukan klaim ke Google. Dan prosesnya sangat lama untuk ditanggapi. Bisa berbulan-bulan

Balas Hapus
avatar

Mas EA kalo saya boleh minta saran kaga? Ada masalah dengan akun Gmail saya , yg kode cadangannya hilang dan nomer pemulihan juga sudah tidak aktif ada solusi ngga mas EA?

Balas Hapus
avatar

Maksudnya NO.HP nya juga sudah hilang?
Kalau iya, memamg susah.

Balas Hapus
avatar

kode cadangan itu dikirim ke akun google verifikasi atau masuk ke inbox akun google itu sendiri?
email saya telah dicuri orang, dia merubah semuanya baik nomor telepon maupun email buat cerifikasi. bahkan si pencuri telah melakukan keamanan 2 langkah. kira-kira bagaimana cara mendapatkan email itu kembali?

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas