QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Kapan Sebaiknya Mendaftarkan Blog ke Google Adsense?

: Selasa, Februari 23, 2016

Inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh para Blogger. Kapan sebaiknya mendaftarkan blog ke Google Adsense. Apakah diawal mulai blogging atau justru setelah blog berumur sekian lama?

Pertanyaan ini mengingatkan saya saat pertama saya mengenal SEO.
Sejak saat itu, saya sibuk mengusung blog saya kesana kemari. Sibuk mendaftarkan bog ke Google, ke Yahoo, Bing, AlataVista, dan masih banyak lagi. Setelah itu ke webmastertool setiap search engine tersebut. Begitu juga ke semua directorynya. Bahkan saya juga mendaftarkan blog saya ke berbagai sosial bookmark seperti Digg, Stumbleuppon, Delicious, Blog Catalog, Technoraty, dan sebagainya. Selain mensubmitnya secara manual, saya juga menggunakan situs situs submission otomatis. Termasuk ke berbagai situs iklan baris gratis. Padahal saat itu, blog saya belum tuntas. Postingan, baru beberapa buah. Itu pun, masih sekedar ujicoba. Template masih dalam tahap bongkar pasang. Singkatnya, blog saya, masih dalam versi pembangunan. Belum final.

Lalu bagaimana hasilnya?
Benarkan SEO blog saya langsung melesat kencang alias terindeks pada semua situs tersebut? Faktanya, blog saya hanya terindeks di Goolge, Yahoo dan Bing. Pada Yahoo dan Bing sendiri, hanya terindeks beberapa postingan saja. Sedang pada yang lainnya, tidak terindeks sama sekali. Apalagi pada Dmoz, Blog Catalog dan Tehcnoraty, belum pernah terindeks, bahkan hingga kini. Sempat juga saat itu saya melakukan submit ulang berkali-kali. Tapi akhirnya saya baru paham. Sebabnya karena sudah kesal, akhirnya saya baca fitur atau halaman bantuan situs itu sendiri. Apa isinya? "Pastikan blog yang anda daftarkan sudah dalam keadaan selesai"

Dan kini, baru saya pahami, bahwa masalah SEO, yang paling mendasar terlebih dahulu, bukan SEO keluar alias SEO off page. Tapi adalah SEO di tubuh blog sendiri, atau yang dikenal dengan istilah SEO on page. Itulah yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jika terlalu agresif melakukan optimasi SEO keluar, disaat SEO on page belum beres, justru citra blog dimata robot Google, menjadi buruk. Bahkan pada stadium tertentu, blog akan dinilai sebagai telah melakukan spamming. Efek akhirnya, peringkat di halaman telusur Google, tidak akan pernah meningkat.

Disisi lain, saat pertama mengenal PPC lokal KlikSaya, setelah sebelumnya saya tahu beberapa blogger bisa meraup penghasilan dari 1 hingga belasan juta dari sana, akhirnya saya juga mendaftarkan blog saya kesana. Pendaftarannya diterima. Dan script iklannya juga langsung saya pasang. Tapi yang mengejutkan saya, iklannya tidak muncul di setiap lokasi yang saya pasang. Dengan sabar, saya biarkan kondisi itu berlangsung dari hari ke hari. Sampailah akhirnya datang email dari KlikSaya. Saya bergegas membukanya. Apa isinya:


Dear Bapak Erianto,

Kami mohon maaf sebesar-besarnya karena kami belum bisa menerima
pemasangan zona iklan situs kami, KlikSaya.com,
karena berdasarkan pengukuran dari script kami jumlah pageview
dari situs Anda belum mencapai 10.000/bulan.

Kami harap Bapak Erianto dapat memaklumi bahwa
bila jumlah pageview masih terlalu kecil, akibatnya jumlah klik
pada iklan akan turut kecil pula. Nilai komisi yang diperoleh
juga turut kecil, sehingga akan sulit sekali mencapai nilai
minimal payout.

Silahkan Bapak Erianto meningkatkan terlebih dahulu
pageview dari situs Bapak Erianto, nanti bila sudah
mencapai nilai minimal, Bapak Erianto dapat menambahkan
kembali zona iklan baru

Terima kasih karena telah mendaftar ke jaringan KlikSaya.Com

Regards,


David Ciang
www.KlikSaya.com


Membaca email dari KlikSaya diatas, baru saya mengerti. Ternyata belum saatnya blog saya didaftarkan ke PCC KlikSaya. Karena syaratnya belum cukup. Jumlah page view masih dibawah standar. Maka sejak saat itu saya berusaha memahami hal hal yang terkait dengan page view. Apa pengertian yang sebenarnya dan bagaimana cara meningkatkannya. Setelah beberapa bulan kemudian, setelah jumlah page view blog saya melebihi jauh diatas permintaan, baru saya ulangi mendaftarkan blog saya ke KlikSaya. Ternyata, iklannya muncul dan tidak pernah lagi menghilang seperti sebelumnya. Dan di halaman akun KlikSaya, saya sudah melihat ada jumlah penghasilan saya. Sampai diawal bulan berikutnya, uangnya ditransfer langsung oleh David Ciang ke rekening saya. Begitulah seterusnya, sampai puncaknya, komisi saya mencapai rata-rata 3 juta perbulan.

Jadi kapan sebaiknya anda mendaftarkan blog anda ke Google Adsense?
Ke mitra bisnis PPC kelas dunia itu?
Silahkan anda jawab sendiri, dengan cara menilai blog anda sendiri terlebih dahulu sebelum diluncurkan kemana-mana. Apakah sudah layak atau belum. Apakah isinya sudah bisa anda banggakan jika diketahui oleh orang lain. Jika belum, itu tandanya, blog anda belum waktunya untuk didaftarkan. Yang perlu anda ingat. Google Adsense itu bukan KlikSaya, bukan AdsenseCamp, bukan KumpulBlogger dan PPC lokal Indonesia lainnya. Tapi adalah PPC kelas dunia. PPC nomor satu, setidaknya hingga saat ini. Jadi syaratnya, tentu lebih ketat dari PPC lokal Indonesia. Baik syarat formal maupun syarat mutunya. Untuk memahami hal ini lebih detail, silahkan anda lanjutkan pada halaman pembantaian para pemburu Adsense disini: Rahasia Kunci Algoritma Google Adsense

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas