QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Kupas Tuntas Apa Itu Posting dan Postingan?

: Jumat, Februari 05, 2016

Apa Itu Posting dan Postingan?

Secara umum posting berasal dari kata post yang artinya adalah kirim atau publish. Tapi istilah ini sering dijumpai di dunia online, saat anda menggunakan internet, terutama saat mengelola sebuah blog atau website. Baik di halaman dasbor maupun di halaman tampilan. Di dasbor blog atau website, setiap anda selesai menginput sesuatu di halaman Entri Baru, pada kotak tempat anda mengetik, maka selalu kemudian diakhiri dengan publish. Begitu juga setiap anda selesai mengetik sebuah komentar di form comment halaman tampilan blog, maka juga selalu diakhiri dengan hal yang sama, baik dengan istilah postkan komentar, maupun kirim komentar. Penamaan tombolnya bisa berbeda dari waktu ke waktu sesuai dengan pembaruan yang dilakukan oleh setiap engine blog, baik pada blogger, wordpress, joomla, drupal dan seterusnya. Intinya tetap sama, yaitu mengirimkan sebuah konten anda. Mempublish konten anda ke pihak lain.

Lebih kurang itulah yang dimaksud dengan posting.
Sebuah tindakan dalam mengirim sebuah konten ke internet. Ke pihak lain. Ke publik. Sebuah publikasi yang menggunakan media-media elektronik berbasis online.

Kemudian apa yang anda posting, disebut dengan postingan. Itu sebabnya di dunia blogging sering kita baca komentar seperti: “Saya kagum dengan blogernas. Adminnya rajin melakukan posting. Sehingga postingan blognya dalam waktu singkat, sudah banyak.” Secara tersirat, pernyataan itu bermakna bahwa posting itu adalah sebuah tindakan, kata kerja. Sedang postingan itu bermakna sebuah hasil. Hasil dari kegiatan memposting.

Lalu apakah yang diposting itu hanya sebuah tulisan?
Atau dengan pertanyaan yang berbeda, apakah postingan itu hanya konten berupa tulisan? Jawabannya tidak. Apapun yang dikirim ke publik internet, baik berupa teks, gambar, audio, video dan seterusnya, semuanya disebut dengan postingan. Singkatnya, produk digital. Dan tindakan yang dilakukan, disebut dengan posting.

Lalu apakah yang disebut dengan posting dan postingan itu hanya berlaku pada dunia blogging? Pada blog atau blogger? Jawabannya juga tidak. Kata kuncinya adalah, mengirimkan atau menyebarkan sebuah konten digital ke publik di internet. Anda mengirim email, itu juga disebut dengan melakukan posting. Anda menulis status di Facebook, itu juga disebut dengan posting. Anda mengirim komentar di situs-situs forum, itu juga disebut dengan posting. Begitulah jika kita mengacu pada pengertian umum dari posting. Tapi dalam prakteknya, terjadi penyempitan makna secara tidak langsung. Posting akhirnya melekat hanya pada dunia blogging. Jika disebut kata posting, postingan, maka itu berarti tentang blog. Posting dan postingan, akhirnya identik dengan kosa kata milik dunia blogging.

Begitu juga dengan apa yang disebut dengan postingan.
Akhirnya juga menyempit pada sebuah karya tulis yang dipublikasikan seseorang pada sebuah blog. Sedang apa yang dikirim oleh seseorang melalui form komentar, tidak disebut dengan postingan. Padahal jika mengacu pada pengertian umumnya, mengirim komentar itu juga bermakna melakukan posting dan hasil yang terkirim, juga berarti sebuah postingan.

Tapi begitulah dilema dalam dunia bahasa
Maknanya, selalu menari ketika istilah itu sudah meluncur di medan tempur
Maknanya bisa meluas dan kadang bisa menyempit.
Bahkan juga sering terjadi, sebuah istilah, maknanya malah menyimpang dari pengertian aslinya.

Tapi bagaimana pun semua itu tidak perlu membuat anda pusing apalagi stress
Apalah artinya sebuah nama dan istilah.
Yang penting adalah anda mengerti apa yang dimaksud dengan sebuah istilah, sehingga anda tidak lagi melongo ketika mendengar orang lain mengucapkan atau menuliskannya. Apalagi jika anda masih pemula di internet. Baru belajar berselancar di belantaramaya. Termasuk yang baru belajar membuat blog. Anda akan banyak menemukan istilah baru yang sebelumnya tidak pernah anda dengar dalam kehidupan offline sehari-hari.

Karena itu jika nanti anda ada waktu,
Anda boleh juga membaca: Apa yang dimaksud dengan Entri Baru
Itu istilah yang terkait bahkan sangat melekat dengan posting memposting.
Tapi jangan dibaca sekarang
Sekarang, tinggalkan dulu blog ini.
Karena saya mau konsentrasi tanpa gangguan anda
Saya ingin menulis postingan baru yang berjudul:
Perbedaan Postingan dengan Tulisan dan Artikel
Okey?

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas