Judi Bola
QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu Blogging dan Ngeblog?

: Jumat, Februari 12, 2016

Istilah Blogging dan Ngeblog inilah yang kini sudah menjadi kosa kata populer di internet. Siapapun yang sehari-harinya berselancar di internet, apalagi yang gila online, tidak bisa mengelak dari kedua kosa kata ini

Jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan blogging dan ngeblog?
Untuk menjawabnya, mari kita belajar sejarah. Tapi bukan sejarah purbakala. Melainkan sejarah asal usul kata. Atau etimologi.

Blogging, bukan sebuah kata dasar. Blogging adalah kata kerja dari Blog. Sama dengan bermain. Kata dasarnya dalam bahasa Inggris adalah play. Maka saat menjadi kata kerja, play berubah menjadi playing. Tambahan akhiran ING itu bermakna, melakukan. Dalam bahasa Inggris, istilahnya adalah verb, kata kerja. Jadi secara gramatikal, skemanya adalah:

blogging = blog + ing

Maka blogging bisa dipahami sebagai kegiatan dalam mengelola sebuah blog. Yang namanya mengelola, tentu bukan hanya menulis di blog. Bukan hanya mengganti template. Apalagi jika hanya sibuk memulung script dan jurus-jurus SEO. Tapi ruang likngkup blogging, semua kegiatan yang berhubungan dengan blog. Dari A sampai Z. Dari awal sampai akhir. Jadi inti dari blogging, adalah pada kegiatannya. Pada aksi dalam memperlakukan blog itu sendiri. Berbeda dengan pengertian blogger (Kupas Tuntas Apa itu Blogger)

Lalu apa pula yang dimaksud dengan ngeblog?
Apakah ngeblog mahkluk yang berbeda dengan blogging? Jawaban saya, sama. Hanya saja ngeblog, berasal dari bahasa Sunda. Nge itu hanya sebuah awalan. Hanya sebuah prefiks yang tak bermakna ketika belum bersanding dengan sebuah kata dasar. Rumusnya sangat sederhana. Nge itu dalam bahasa Sunda sebuah awalan untuk membentuk kata kerja. Skemanya adalah:

ngeblog = nge + blog

Jadi blogging dengan ngeblog, pengertiannya sama. Sama sama sebuah sebutan untuk kegiatan dalam mengelola blog. Yang membedakan hanya istilahnya saja. Yang satu bahasa Inggris, yang satu lagi bahasa Sunda. Lantas mana sebaiknya yang kita gunakan? Tergantung medan dan selera. Jika untuk kepentingan formal, misalnya anda menulis sebuah artikel, makalah apalagi karya ilmiah formal semisal skripsi, tentu tidak mungkin anda menggunakan istilah ngeblog. Karena ngeblog itu bahasa daerah. Jadi tidak sesuai dengan konteksnya. Kecuali jika dalam pergaulan sehari-hari, baru istilah ngeblog relevan digunakan. Tapi saya sendiri, lebih senang menggunakan istilah blogging dari pada ngeblog. Karena saya bukan orang Sunda. Tapi orang Barat yang lahir di Sumatera Barat.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas