QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Kupas Tuntas Apa Itu Blog

: Minggu, Februari 28, 2016

Blog tidak sama dengan Website. Apalagi dengan Facebook dan Email. Jadi apa itu Blog? Baca tulisan ini agar wawasan anda bertambah tentang dunia blogging

Rata-rata para penggila Internet, sudah sering membaca dan mendengar istilah blog. Tapi apa itu blog, apa maksudnya, pengertiannya, belum banyak yang tahu. Bahkan mereka yang sudah punya blog, juga banyak yang tidak tahu.

Jadi apa itu blog?

Jika anda cari di Google, cukup banyak yang menulis pengertian dari blog. Pengertiannya, sangat beragam, tergantung dari sisi mana mereka melihatnya. Misalnya dari sisi teknis, fungsi dan manfaat.

Dari sisi teknis, blog diartikan sebagai sebuah aplikasi, sebuah software, sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat halaman web. Halaman yang bisa dibuka melalui browser dengan ekstensi file html. Istilah blog sendiri merupakan singkatan dari Weblog. Web artinya halaman web yang dipublish ke internet, sedang log diartikan sebagai catatan. Jadi weblog, bermakna halaman yang menampung catatan harian secara digital. Dari pengertian ini, dapat diartikan, bahwa blog merupakan sebuah website mini. Sebuah daerah kantong dalam tubuh situs yang lebih kompleks.

Dari sisi fungsi, blog diartikan sebagai diary online.
Tempat seseorang mencurahkan dirinya, dengan berbagai pengalaman, pikiran dan perasaannya sendiri. Lalu semua itu, dibagikan ke publik di internet. Sehingga siapapun, bisa membaca dan mengomentarinya. Catatan harian yang dipublish, tersusun secara hirarkis berdasarkan waktu, sehingga tulisan yang lebih awal, akan selalu tampil di bagian atas, menimpa tulisan sebelumnya yang sudah diposkan.

Dari sisi manfaat, blog diartikan sebagai media terapi, personal branding, bisnis, dan masih banyak lagi. Artinya blog disini adalah sebuah media yang digunakan untuk mendapatkan tujuan tertentu. Dari sisi terapi, blog bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan minat dan bakat seseorang, yang efeknya, bisa meningkatkan rasa percaya diri dan pengalaman yang menyenangkan secara psikologis. Meski pada mulanya manfaat blog hanya sebagai diary unek-unek pribadi, tapi kemudian berkembang sebagai sarana untuk saling berbagi informasi dan pengetahuan, membangun citra diri, untuk membangun brand ketokohan. Bahkan kini, blog juga sudah marak digunakan sebagai kenderaan bisnis. Bisnis online. Tidak hanya bagi pribadi, tapi juga oleh perusahaan.

Begitulah blog dipahami dari berbagai sudut pandang.

Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas