QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Cara Share Otomatis Blog ke Facebook dan Twitter tanpa Script

: Minggu, Januari 31, 2016

Maksudnya adalah, setiap anda selesai menulis postingan di blog, maka konten tersebut akan share otomatis ke Facebook dan Twitter secara otomatis. Tanpa menggunakan script atau kode apapun di template anda. Bahkan juga tanpa fitur button share sosial media di batang tubuh blog anda. Artinya proses ini terjadi dan akan terus berlangsung secara otomatis setiap anda update tanpa anda urus satu persatu secara manual.

Tentu saja dengan cara ini anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Pertama loading blog anda, akan tetap terjaga. Tetap ringan. Karena menggunakan javascript, sama artinya dengan memperlambat proses loading blog. Karena javascript, adalah musuh nomor satu dari kecepatan blog saat dibuka (baca: Sebab-sebab Laoding Blog Anda Payah). Disisi lain, jika speed blog anda bagus, maka itu akhirnya juga akan berpengaruh pada SEO. Ini yang saya ulas pada Pengaruh Loading Blog terhadap SEO.

Yang kedua, dengan cara ini, blog anda berpeluang mendapatkan limpahan traffic dari kedua situs jejaring sosial nomor wahid ini. Setiap pengguna Facebook dan Twitter melihat link postingan anda disana, mereka akan tergoda untuk mengkliknya. Dan begitu mereka klik, sistem akan menyeret mereka ke blog anda.

Lalu apa bedanya jika anda melakukan share secara manual?
Dengan cara copy link blog dan postingan ke Facebook dan Twitter?
Jika anda yang melakukannya sendiri, akan tercatat IP yang sama yang melakukannya. Yaitu IP adress jaringan anda sendiri. Pada stadium tertentu, itu bisa dianggap sebagai spam oleh robot Google. Yaitu spam indexing (baca Apa Itu Spam Indexing). Bayangkan jika itu terus anda lakukan setiap selesai posting, bisa bisa, blog anda ahirnya mencapai batas kuota finalty Google dalam hal spam indexing. Bisa bisa efeknya, blog anda akan dibanned oleh Google. Nah disinilah keuntungan cara ini. Yang melakukan sharing terhadap blog anda ke situs sosial media, bukan anda. Tapi adalah, robot. Sistem.

Robot siapa?
Yaitu robot Feedburner milik Google sendiri. Kemudian robot Twitter.
Bagaimana bisa?

Cara ini dengan mengunakan fitur socialize dari situs Feedburner.
Alur kerjanya adalah, perkawinan fitur sosialize Feedburner dengan fitur aplikasi Twitter. Setiap anda posting di blog, maka fitur Feedburner ini akan mengirimnya secara otomatis ke Twitter. Lalu setelah terkirim di Twitter, postingan tersebut diteruskan oleh robot Twitter ke Facebook. Ringkas skemanya lebih kurang seperti ini:

Cara Share Otomatis Blog ke Facebook dan Twitter tanpa Script


Luar biasa bukan?
Nah tinggal soal sekarang adalah, bagaimana cara menerapkannya pada blog anda?
Pertama tentu saja blog anda harus terdaftar di situs FeedBurner. Caranya sudah tersedia di Cara Mendaftarkan Blog ke FeedBurner. Setelah itu, aktifkan layanan sosializenya. Yaitu fitur share otomatis ke sosial media. Langkah detailnya, sudah tersaji di Cara Menghubungkan Feedburner Blog dengan Twitter dan Cara Share Otomatis Blog ke Facebook melalui Twitter.



Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas