-->

Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Tentang hal ini, sering luput dari perhatian para Blogger. Bahkan sebagian, tidak mengerti sama sekali. Halaman feednya, tampail utuh seperti halaman postingannya. Mulai dari judul, isi tulisan, sampai dengan gambarnya.

Akibatnya, feed blog seperti ini sangat menguntungkan bagi situs agreagtor (Selengkapnya, baca: Apa itu situs Agreagator). Begitu juga sangat empuk bagi para pencuri konten yang menggunakan script AGC (Auto Generate Content) atau yang juga disebut dengan istilah Auto Blog. Nah untuk itulah tutorial ini menjadi penting, agar akal bulus para blogger spesialis copas, menjadi lemah. Karena halaman feed blog kita, hanya tampil judulnya saja. Bagaimana caranya?

Syarat pertama tentu saja blog feed blog anda harus diburning dulu.
Caranya bisa anda ikuti pada: Cara Daftarkan Blog ke Feedburner. Jika sudah, baru bisa anda lakukan beberapa langkah dibawah ini.


Pertama silahkan login dulu ke akun Feedburner anda di www.feedburner.com.

Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Setelah login ke gmail, atau ke blogger, maka user name anda akan langsung tampak seperti gambar diatas. Anda tinggal masukan passwordnya dan setelah itu klik tombol Masuk.


Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Selanjutnya kliklah link blog yang akan anda edit jenis feednya.


Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Setelah itu klik pada tab Optimize. Lalu pilih menu Summary Burner.



Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Perhatikan pada bagian Maximum length. Disitu tertulis angka defaultnya 200. Itu artinya adalah, halaman feed anda akan menampilkan isi tulisan sebanyak maksimal 200 karakter sebagai cuplikan isi postingan.



Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Nah sekarang gantilah angka 200 menjadi angka 0 (nol). Agar setiap halaman feed blog anda, hanya menampilkan judulnya saja, tanpa cuplikan sama sekali. Setelah itu klik tombol Activate.



Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Setelah itu jangan lupa pastikan status dari fitur ini sudah aktif atau belum. Jika belum, ulangi cara yang sama. Sebagai contoh, maka inilah hasilnya.



Cara Setting Feedburner hanya Judul Blog yang Tampil

Sekarang halaman feed blog ini, yang tampil hanya judul saja. Jadi mereka yang gila copas, akan patah semangat. Jika mereka ngotot mengcopas, baik secara manual maupun dengan sistem auto blog, nanti isi blognya, hanya berupa judul copas dari blog kita. Efeknya, blog mereka akan mendapat citra buruk di mata mesin pencari, apalagi dari algoritma Google yang kini semakin ketat. Cepat lambat, blog yang melakukan hal ini, akan dicabut indeksnya dari pencarian Google.

Tapi jangan lupa, anda harus uji dulu tampilan halaman feed blog anda dengan berbagai jenis alamat feed. Jangan puas hanya sampai disini. Coba buka dengan variasi url dibawah ini:

http://www.blogernas.com/feeds/posts/default
http://www.blogernas.com/rss.xml
http://www.blogernas.com/atom.xml
http://www.blogernas.com/sitemap.xml
http://feeds.feedburner.com/blogernas?format=xml


Saat mengunjinya,
Jangan lupa ganti yang berwarna merah dengan alamat/URL blog anda. Khusus pada alamat feed yang terakhir, ganti warna merah dengan alamat/URL Feedburner anda.

Jika ternyata dengan salah satu alamat feed tersebut masih ada yang tampil bukan hanya judul saja, alias cuplikan kontennnya masih muncul, itu artinya alamat feed default blog yang anda daftarkan di feedburner, tidak tepat, sehingga linknya tidak dialihkan ke halaman feedburner blog anda. Tapi masih halaman feed default blogger anda. Karena itu anda harus ganti. Caranya bisa anda ikuti di: Cara Mengedit Jenis URL Feed di Feedburner
2 komentar
avatar
Unknown 29 Juli 2016 pukul 14.42

mantap min
tapi ane nemu masalah dikit nih
ane pengen feedburner ane nampilin cuplikan artikel ane
tapi udah ane otak-atik tetep ga muncul tuh artikelnya
apa karna sumary burner bentrok sama pengaturan lainnya di dasboard blogger?
bisa di cek http://feeds(dot)feedburner(dot)com/Kidulincom

mohon bimbingan hu

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 30 Juli 2016 pukul 01.33

Url feednya keliru Denol, makanya saat dibuka jadi error. Diatas sudah saya tayangkan tuh beberapa variasi URL feed yang bisa digunakan.

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas