-->

Apa Itu URL Feed RSS Blog dan Fungsinya

Secara bahasa, feed adalah kata lain dari umpan dalam bahasa Indonesia. Umpan disini, bukan umpan berupa cacing untuk memancing ikan. Tapi adalah umpan situs atau umpan blog. Fungsi feed ini adalah, agar setiap update konten, bisa ditangkap pembaruannya secara otomatis oleh situs situs agregator kedalam database mereka. Untuk akhirnya, juga disebarkan ke publik yang lebih luas. Cotohnya ke mesin pencari, ke fitur langganan via email dan seterusnya. Lalu alat untuk mengumpulkan setiap umpan tersebut yang terkelola dalam sebuah sistem, disebut dengan istilah RSS (Really Simple Syndication).

Jika anda seorang Blogger, maka Feed RSS ini tidak akan terelakkan.
Kecuali jika anda adalah tipologi blogger lugu, yang hanya sibuk posting seperti layaknya menulis offline di Ms.Word. Atau blogger copas dan terus hanya sibuk mengcopas. Tidak tahu dan tidak peduli akan pernah pernik blogging kecuali hanya menulis begitu saja. Padahal jika anda tahu, memahami blogging, sama artinya dengan memahami sebuah jejaring internet yang teramat luas. Termasuk soal Feed blog. Dengan adanya halaman feed, sebuah blog bisa diindeks oleh mesin pencari lebih optimal. Anda bisa menyuguhkan langsung umpan situs atau blog anda ke robot mesin pencari. Inilah yang dilakukan saat mengirim file sitemap ke Webmaster search engine, baik ke webmastertool Google, maupun ke webmastertool search engine lainnya.

Selain itu, dengan adanya halaman Feed blog, anda juga bisa mempromosikan blog anda ke pengunjung yang lebih luas. Karena fitur berlangganan via email yang terkirim secara otomatis ke email, hanya dimungkinkan melalui halaman feed sebuah blog.

Bahkan dengan adanya Feed ini juga anda bisa melakukan ping secara otomatis setiap anda selesai update konten di blog anda. Tanpa anda urus dan lakukan secara manual satu persatu. Baca caranya disini: Cara Melakukan Ping Blog Otomatis dengan Feedburner.

Lalu apa yang membedakan halaman Feed dengan halaman blog seperti biasa?
Pada halaman tampilan blog, semua bagian dari batang tubuh template anda, ditampilkan. Sedang pada halaman Feed, yang ditampilkan, hanya kontennya saja. Tanpa header, tanpa sidebar dan tanpa footer. Contoh perbedaannya seperti ini:


Tampilan Halaman Blog

Apa Itu URL Feed RSS Blog dan Fungsinya




Tampilan Halaman Feed

Apa Itu URL Feed RSS Blog dan Fungsinya


Selain soal tampilannya, path file keduanya juga berbeda. Path file dari tampilan blog adalah html, sedang halaman feed adalah XML. Begitu juga dengan URLnya (baca: Apa yang Dimaksud dengan URL blog?). URL blog, identik dengan alamat domain sebuah blog. Misalnya URL blog ini adalah https://www.blogernas.com. URL ini mengacu pada halaman home atau file indeks dari blog ini. Sedang URL Feed blog ini, adalah https://feeds.feedburner.com/blogernas. URL Feed ini tidak mengacu ke halaman home blog ini. Tapi adalah sebuah halaman umpan. Isinya hanya berupa potongan-potongan dari konten blog ini, seperti terlihat pada gambar diatas, atau juga bisa anda lihat langsung DISINI untuk membedakannya.

Sebagai kesimpulan, URL Feed blog, artinya adalah sebuah alamat file-file feed dari blog anda. Tempat dimana umpan-umpan blog anda tersimpan. Nah tentang hal ini, apakah anda sudah tahu? Tentang URL Feed blog anda sendiri? Jika belum, pelajari DISINI cara mengetahuinya.
12 komentar
avatar
brita terkini hanya ada di arek channel bro 28 Februari 2017 pukul 15.22

Mas mau tanya (KODE URL UTAMA) pada blogger kita?? Itu yg di maksut ada di mana sih?
Apa sama yg ada di pengaturan itu ada
Url/https..saya bingung.soalnya penting mau sya daftarin k adsense. Mohon bantuanya.tq

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 1 Maret 2017 pukul 02.40

Yang tanpa huruf (s) saja Budidaya

Balas
avatar

Yg HTTP:// ni?
Tapi gk bisa mas

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 2 Maret 2017 pukul 02.59

Coba mampir kesini mas, siapa tahu bisa membantu:

Cara Daftar ke Adsense

Balas
avatar
Unknown 25 April 2017 pukul 08.05

Gan, mau tanya apakah nama URL feed blog itu disesuaikan dengan blog mesin pencari ?

Balas
avatar
Agus Sutisna 15 Juni 2019 pukul 22.37

Mau dicoba

Balas
avatar
Syaoqie Shq 20 Februari 2020 pukul 16.28

kalau url wishlist tu bagaimana ya mas?

Balas
avatar
kingkazma 29 Februari 2020 pukul 23.03

mas mau tanya, web saya kan batik couple .store.

apakah url feed nya seperti ini mas.. batikcouple.store/feed

atau kita bisa menyeting lainnyaa.

Balas
avatar
Erianto Anas Admin 2 Maret 2020 pukul 22.04

Kalau URL Feed bawaan blogger sejauh ini tidak bisa kita setting. Karena sudah diberikan oleh sistem secara otomatis. Kecuali menggunakan URL Feed dari Feedburner baru bisa diubah

Balas
avatar
Penulis 29 Juli 2020 pukul 12.11

Masih kurang paham juga sayanya, pemula banget Bang. Tapi Maturnuwun sudah memberi penerangan.

Balas
avatar
https://erekerekfasirmimpi2d.blogspot.com/ 25 Februari 2021 pukul 01.02

makasih banyak informasinya mas. sangat bermanfaat dan memberikan pengetahuan yang sangat bagus. salam kenal dari situs https://erekerekfasirmimpi2d.blogspot.com/

Balas
avatar
Reyvan Mustofa 15 Agustus 2021 pukul 13.35

saya mau mengalihkan situs saya yang lama ke yang baru ini, https://pilkadajambi.blogspot.com/

pertanyaannya adalah, apakah saya harus mengarahkan feed lama saya ke situs yang baru, atau bagaimana kak, supaya pengunjung lari ke url yang baru, dan tidak mengurangi hasil pencarian di situs yang lama.

terima kasih banyak atas infomasinya dan jawabannya meskipun.

Balas
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Desember 2015 - Erianto Anas - blogernas