QUOTE
Yang umum diyakini, membuat blog itu susah.
Apalagi menjadikannya untuk mencari uang di internet.
Tapi ketahuilah, itu hanya mitos!
Temukan inspirasi dan semangat baru di sini
terbaru

Apa Itu URL dan Contoh Penggunaannya

: Senin, Januari 18, 2016

Jika anda ingin menjadi seorang Blogger, mau tidak mau, mahkluk aneh yang bernama URL ini harus anda pahami. Karena dalam proses blogging, anda akan sering berurusan dengan URL ini. Mulai dari utak atik script HTML template untuk desain blog, sampai dengan mengelola postingan, link antar halaman, backlink, optimasi dan promosi blog kemana-mana ke berbagai penjuru internet.

URL ini adalah singkatan dari Uniform Resource Identifier, yang secara gamblang artinya adalah sebuah identitas unik sebuah halaman atau file. Baik berupa teks, gambar, video dan seterusnya. Karena unik, maka tidak ada URL yang sama. Jika sama, maka akan terjadi bentrok alias tidak bisa dibuka. Sama dengan alamat detail sebuah rumah. Kemana pun anda pergi, tidak akan ada alamat yang sama. Pasti ada minimal satu karakter yang membedakannya. Begitu juga dengan sebuah URL.

Tapi jangan lupa,
URL ini tidak hanya berlaku di internet. Pada offline localhost, juga ada URL. Misalnya lokasi sebuah file pada komputer atau laptop anda. Misalnya pada komputer anda, anda menyimpan sebuah file gambar yang berjudul header-blogernas. Dengan format file PNG. Terletak pada partisi E pada folder yang bernama blogernas. Maka jika anda ingin membukanya dengan browser, maka URLnya adalah, file:///E:/blogernas/header-blogernas.png . Contohnya akan tampak seperti ini:


Apa Itu URL dan Contoh Penggunaannya

Lihat pada no.1. Itulah URL dari file header-blogernas pada localhost komputer
Dan pada no.2, adalah tampilan dari halaman header-blogernas.

Lalu bagaimana jika file header-blogernas tadi berada di internet?
Sebagai contoh, file header-blogernas tadi saya upload ke situs Picasa
Maka saat dibuka dengan browser, beginilah tampilannya


Apa Itu URL dan Contoh Penggunaannya

URL online-internet:
http://picasaweb.google.com/blogernas/header-blogernas.PNG


Pada kedua gambar diatas tampak, meskipun kedua tampilannya sama, tapi alamatnya berbeda. Nah alamat dimana file berada itulah yang disebut dengan URL. Jadi apapun jenis filenya, semuanya memiliki URL. Memiliki alamat unik dimana file itu disimpan. Lalu apa yang membedakan antara URL offline-localhost dengan URL online-internet?

Seperti contoh diatas,
URL pada offline, diawali dengan kata File
Sedang pada internet, diawali dengan http
Nah kedua mahkluk ini, file dan http, disebut dengan istilah protokol.
Jadi setiap URL, mesti diawali dengan sebuah protokol. Jika tidak, maka sebuah halaman atau file web, tidak akan terbuka pada browser.

Setelah protokol, dibelakangnya dilanjutkan dengan nama server. Pada contoh diatas, header-blogernas, ibaratnya terletak pada server (partisi) E. Sedang pada online, file header-blogernas, terletak pada server situs Picasa.

Selanjutnya pada URL offline diatas, file header-blogernas, terletak pada direktori (folder) blogernas. Sedang pada URL online, direktorinya juga dengan nama yang sama.

Lalu pada bagian akhir, sebuah URL ditutup dengan path filenya (nama + ekstensi file). Path file kedua URL diatas, sama. Yaitu header-blogernas.PNG.

Sebagai kesimpulan
Anda bisa cermati gambar skema dibawah ini:

Apa Itu URL dan Contoh Penggunaannya

6 komentar

avatar

saya belum paham mencari alamat blog sya.di hp lumia

Balas Hapus
avatar

Kalau itu masalahnya silahkan dibaca DI SINI Saring Dwinata

Balas Hapus
Komentar yang tidak relevan, jorok, spamming dan promosi link akan dihapus

Copyrights @ blogernas ■ Desember 2015 - Erianto Anas